TPA Pakusari Jember, Saat Tumpukan Sampah Disulap Jadi Objek Wisata

image

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) selama ini selalu identik dengan hal-hal yang kotor, bau tidak sedap, semrawut. Namun tidak begitu kondisinya dengan TPA yang berlokasi di Kecamatan Pakusari, Jember, Jawa Timur. TPA Pakusari yang sebelumnya sangat kumuh sudah disulap menjadi lokasi yang sangat layak untuk dikunjungi, telah diubah menjadi salah satu alternatif wisata di Jember. Apa yang kamu ketahui tentang objek wisata ini?

Dulu Kelebihan Muatan Sampah Sekarang Destinasi Wisata

image

Sebelum bertransformasi seperti sekarang ini, TPA Pakusari pernah mengalami kelebihan muatan sampah. TPA Pakusari ini merupakan “gudangnya” sampah dari se-Kabupaten Jember. Tidak mengherankan jika di tahun 2015 yang lalu pernah kelebihan muatan sampah. Jalan satu-satunya untuk menekan peningkatan jumlah sampah itu dengan melakukan perluasan TPA serta melakukan pengolahan sampah.

Tapi sepertinya masalah sampah di Pakusari tersebut sekarang sudah bisa ditangani dengan baik. Berkat tangan-tangan terampil para pegawai yang mengurusi TPA yang dikoordinatori oleh staf kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jember, R.M Masbut, sekarang TPA Pakusari menjadi sangat asri, penuh warna warni dan instagenik.

Tawarkan Wisata Edukasi

Tidak hanya warna warni cat yang membuat pemandangan di sekitaran TPA Pakusari makin cantik, para pengelola juga memanfaatkan berbagai barang plastik sebagai ornamen. Ada yang digantung di langit-langit, ada pula yang dimanfaatkan sebagai media tanam bunga-bunga. Jadi, sampah-sampah plastik seperti botol ataupun benda yang lainnya dimanfaatkan lagi. Sementara untuk pengunjung yang datang ke sana, mereka bisa melihat proses pengolahan sampah menjadi gas metan yang digunakan untuk alternatif bahan bakar masyarakat sekitar.

Lokasinya Instagenik

Guna menyedot para wisatawan untuk berdatangan, pihak pengelola berusaha membuat banyak spot Instagenik. Warna-warni yang cantik dengan barang-barang daur ulang dari sampah. Ada botol-botol bekas yang disulap jadi lampu hias kemudian dicat supaya bagus, dan lain sebagainya. Ada pula tempat duduk yang juga dicat sedemikian rupa sehingga jadi eye catching. Pepohonan juga dicat supaya lebih menarik. Ada pula spot foto kupu-kupu serta tempat lainnya yang cantik.