Tools apa yang digunakan dalam melakukan Identifikasi Risiko?

Di dalam proses manajemen risiko, pada tahapan identifikasi risiko akan dilakukan identifikasi terhadap risiko yang dapat muncul dalam suatu pekerjaan atau aktivitas yang akan dikelola. Risiko yang diindentifikasi mencakup faktor internal maupun faktor eksternal, semua hal tersebut menjadi pertimbangan dalam melakukan manajemen risiko. Tools apa saja yang digunakan dalam melakukan identifikasi risiko?

Banyak sekali metode yang dapat digunakan dalam melakukan identifikasi risiko, namun pendekatan yang biasa digunakan diantaranya Checklist, Daftar kecelakaan, Pencataan dan pengalaman, Flowchart, Brainstorming, analisa sistem, analisa skenario, dan sistem engineering.

Tahapan proses identifikasi risiko suatu pekerjaan merupakan usaha yang harus terus dilakukan, mengingat bahwa adanya kemungkinan risiko-risiko baru akan muncul selama pekerjaan dilakukan, atau adanya risiko yang mungkin belum teridentifikasi dan baru terlihat ketika pekerjaan sedang berjalan.Pada tahapan identifikasi risiko ini diharapkan melibatkan semua bagian yang memiliki kepentingan dan berpengalaman, sehingga risiko-risiko yang diidentifikasi akan lebih lengkap.

Referensi
AS/NZS 4360:1999 Risk Management