Today Quotes : Ralph Emerson

image

“Our chief want is someone who will inspire us to be what we know we could be.”

Saat melihat orang lain sukses, bukannya terpacu untuk berhasil malah mencari-cari pembenaran diri dengan berpikir, pantas saja dia sukses, punya koneksi sih! Wajar bila dia berhasil, orangtuanya kan punya modal banyak! Jelas saja laris, ia punya teman-teman pejabat! Dan sebagainya.

Kita seharusnya malu, ada seseorang dengan keterbatasan yang mampu mencapai prestasi yang mengagumkan. Sementara itu, kita yang punya segalanya, malah membuat hidup menjadi tak berarti. Menyia-nyiakan kesempatan yang datang, memilih menyerah sebelum bertanding, dan berlindung dibalik pembenaran diri.

Marilah berubah sejak sekarang! Kita bisa menjadi apa saja yang kita inginkan.

Sumber

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara : Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR Imam Hakim dalam kitab al-Mustadrak.)

Kesempatan yang ada dalam hadits di atas adalah kesempatan jenis kedua. Mengapa? Karena pada dasarnya manusia itu berada dalam keadaan merugi. Dan lima perkara itu menjadi jalan bagi manusia untuk keluar dari keadaan merugi. Yaitu dengan cara memanfaatkan masa muda, masa sehat, masa kaya, masa luang, dan masa hidup untuk beramal sholeh serta saling menasehati dalam hal kebaikan dan kesabaran.