Today Quotes : Dee Hock

Aturan adalah bagian intrinsik dari kehidupan manusia, tetapi menegakkan terlalu banyak pasti akan memiliki konsekuensi. Beberapa budaya menghindari Internet, meskipun itu adalah salah satu penemuan paling luar biasa dari kemanusiaan. Yang lain melarang kebebasan berbicara, yang kebanyakan orang akan setuju adalah penegakan yang sangat keras.

Tanpa ragu, aturan diperlukan dalam masyarakat yang kurang sempurna. Tetapi bagaimana jika aturan itu sendiri harus disalahkan? Menurut Dee Hock, pendiri dan mantan CEO asosiasi kartu kredit Visa, keteguhan dan kebodohan berdampingan dalam penjajaran alami.

Simple, clear purpose and principles give rise to complex and intelligent behavior. Complex rules and regulations give rise to simple and stupid behavior.—Dee Hock

Hock, sekarang pada usia 86, dikatakan telah membantu menciptakan sistem kredit yang dikenal sebagai VISA International melalui serangkaian kecelakaan. Bagi mereka yang berada di luar organisasi, Visa muncul dengan sengaja tidak tersentralisasi. Hock kemudian menjelaskan (selama pidato makan malam di institut Santa Fe) bahwa lembaga tersebut didasarkan pada sistem yang kacau dan tertata pada saat yang sama, dan menggambarkan konsep tersebut menggunakan istilah seperti “chaord” dan chaordic, "sebuah portmanteau menggabungkan kata-kata kekacauan dan ketertiban. Dia bahkan menciptakan istilah itu.

Dia mencoba menerapkan metodologi untuk memperbaiki dunia melalui Aliansi nirlaba untuk Kebebasan Komunitas, kemudian The Chaordic Commons. Lembaga nirlaba berusaha mengembangkan konsep organisasi baru yang akan menghasilkan peningkatan kesehatan, kompatibilitas yang lebih besar antara manusia dan biosfer, dan pembagian kekuasaan dan kekayaan yang lebih adil. Gagal untuk mencapai tujuannya dan, pada tahun 2005, berhenti beroperasi. Namun, prinsip organisasi chaordic digunakan untuk hari ini sebagai pedoman untuk menciptakan organisasi bisnis, nirlaba, dan bahkan lembaga pemerintah.

Kutipan di atas mengatakan bahwa, untuk mendapatkan suatu hal yang unik atau berpikiran kreatif, maka kita tidak boleh terkekang akan suatu peraturan. Ketika peraturan terlalu kuat, maka peraturan tersebut bisa saja menghambat kita untuk berpikiran kreatif. Tetapi jika tidak, maka itu berarti kita bisa berpikir secara bebas yang mana bisa saja menimbulkan hal-hal baru yang tidak pernah ada sebelumnya.