Tips : Teruntuk Para Pendaki, Ini Aturan Baru Naik Gunung di 2018

Sebelum ke Gunung Semeru, kamu harus daftar online dulu!

Ada aturan tidak biasa yang diberlakukan Taman Nasional Bromo Tengger. Para pendaki diwajibkan untuk melakukan pendaftaran online terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Kamu wajib mengisi data dengan waktu yang telah ditentukan di website ini https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/. Hal ini dimaksudkan agar pihak pemelihara bisa mengontrol siapa-siapa saja yang sedang berkunjung kesana.

Di pendakian Gunung Gede Pangrango pun juga punya aturan yang sama

Sama dengan pendakian Gunung Semeru, Gunung Gede Pangrango pun sudah lebih dulu menerapkan aturan ini. Dilansir dari website pegi-pegi.com, kamu diwajibkan melakukan pendaftaran online bersama timmu di website ini http://booking.gedepangrango.org/.

Kalau di Gunung Marapi, kamu harus berumur 17 tahun dulu

Tidak hanya masuk daftar hitam jika kamu melanggar aturan disana, jika kamu berumur kurang dari 17 tahun kamu pun tidak boleh masuk mendaki kesana. Hal ini diterapkan untuk menjaga keamanan selama pendakian Gunung Marapi ini.

Jangan lupa untuk bawa perlengkapanmu selama pendakian ya!

Menurut info, Per April ini, pendakian Gunung Rinjani pun diwajibkan melakukan pendaftaran online. Persis seperti yang lainnya, Gunung Rinjani pun punya aturan yang mewajibkan seluruh calon pendaki melakukan pendaftaran online di situs resmi mereka. Aturan ini baru akan diterapkan per 1 April 2018 nanti.

Untuk info lengkap mengenai berita ini kamu bisa langsung cek di website mereka https://www.tnrinjani.net/home