Tips : Suka Traveling ke Kawasan Asia Tenggara? Coba Pelajari Bahasa Ini!

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa paling wajib yang harus kamu pelajari. Bahasa Inggris sudah diketahui sebagai bahasa internasional sejak dulu, di negara asia tenggara seperti di Filipina bahasa Inggris dicuapkan dengan aksen khas filipina sebagai bahasa kedua mereka.

Sedangkan di Singapura, bahasa inggris merupakan bahasa resmi yang banyak digunakan warganya untuk berkomunikasi. Bahkan ada sebutan untuk bahasa inggris informal yang kental dengan logat unik di Singapura yang disebut Singlish (Singapore English).

Negara lain di asia tenggara juga sama, bahasa Inggris meski bukan bahasa resmi namun bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi dengan orang asing walau tidak terlalu fasih, seperti di pasar-pasar tradisional yang ramai dikunjungi turis seperti di Thailand. Para pedagang kebanyakan dituntut untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris meski hanya bisa sebatas kosa kata dasar saja seperti warna, angka dan lain sebagainya.

Jadi, pastikan kamu belajar bahasa inggris dengan baik ya, karena bahasa ini dapat kamu gunakan di hampir seluruh negara di dunia.

Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan bahasa internasional kedua yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Bahasa ini paling banyak dituturkan di Cina sebagai negara asal bahasa ini. Gak heran dengan berkembangnya bahasa ini, karena penduduk di Cina yang terkenal dengan jumlah penduduknya yang terbanyak di dunia.

Persebaranan bahasa ini juga menjadi cepat karena datangnya imigran dari Cina ke seluruh negara di belahan dunia untuk menetap termasuk juga di kawasan asia tenggara ini. Bahasa mandarin banyak digunakan di negara asia tenggara terutama di Malaysia dan Singapura, apalagi di kawasan China Town yang sering menjadi tujuan wisata yang mana penduduk setempat mayoritas merupakan keturunan Cina.

Jadi, walaupun bahasa mandarin dikenal sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia, gak ada salahnya kan belajar bahasa mandarin ini? Mana tahu kamu memerlukannya untuk berkomunikasi saat liburan di kawasan asia tenggara.

Bahasa Melayu

Nah, bahasa melayu mungkin bahasa lain yang paling mudah untuk dipelajari oleh orang Indonesia. Perlu diketahui, kalau bahasa Indonesia itu termasuk dalam rumpun bahasa melayu sehingga gak heran kalau bahasa melayu mempunyai kemiripan dengan bahasa Indonesia.

Bahasa melayu telah dituturkan kurang lebih oleh 60 juta penutur asli dan dengan total 300 juta orang termasuk rumpun bahasa melayu lainnya. Bahasa melayu banyak dituturkan di negara asia tenggara seperti: negara Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei dan Thailand bagian selatan.

Terutama di Malaysia, bahasa melayu paling banyak digunakan karena populasi suku melayu terbanyak di asia tenggara ada di Malaysia. Negara Malaysia menggunakan bahasa melayu yang banyak dipengaruhi kosa kata asing seperti kosa kata Inggris dan portugis sebagai bahasa resmi mereka.

Nah, karena kemiripan inilah kenapa orang malaysia lebih mudah untuk memahami bahasa Indonesia dan sebaliknya. Namun, alangkah baiknya kalau kamu bisa belajar bahasa melayu lebih mendalam agar tidak ada salah pemahaman pada kata-kata yang digunakan, karena terkadang kata yang sama punya arti yang berbeda lho.

Bahasa Indonesia. Nah, ini mungkin jadi pertanyaan ya kenapa kita sebagai orang Indonesia juga harus mempelajari bahasa Indonesia lagi? Bahasa Indonesia telah dituturkan kira-kira sekitar 260 juta orang di seluruh dunia dan telah dipelajari di 45 negara.

Bahkan negara di asia tenggara lain seperti Vietnam telah menggunakan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua mereka lho. Disejajarkan dengan bahasa asing kedua lainnya seperti bahasa Inggris dan Prancis.

Sebagai informasi saja, bahasa Indonesia pernah diusulkan menjadi bahasa resmi di ASEAN lho sebagai bahasa pemersatu di Asia Tenggara, karena dinilai berpotensi banget bersaing dengan bahasa asing lainnya di era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) ini. Jadi, dapat disimpulkan kalau belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar sangat diperlukan, siapa tahu suatu saat bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa internasional, ya kan?

Sehingga kendala bahasa saat traveling bukan jadi masalah lagi.