Tips Sehat untuk Melawan Penuaan

Penuaan dini tidak hanya terjadi pada kulit saja. Tubuh secara keseluruhan pun bisa mengalami yang namanya penuaan. Proses ini memang alami dan merupakan bagian dari lingkarang kehidupan. Tapi tentunya Anda ingin ketika sudah mencapai usia senja, kulit masih elastis, wajah masih segar, tubuh sehat dan bugar serta daya ingat masih kuat.

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Sering & Lama
Terkena paparan sinar matahari terlalu sering dan lama bisa mengakibatkan kanker kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti noda kecoklatan dan kerutan. Agar kulit sehat dan tampak muda lebih lama, hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan selalu gunakan sunscreen. Kenakan juga topi dan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV.

2. Diet Sehat
Seiring bertambahnya usia, tubuh semakin rentan terkena gangguan kesehatan. Jadi salah satu strategi agar sehat lebih lama adalah mengonsumsi variasi makanan sehat yang rendah lemak, kaya serat, sumber vitamin, mineral dan antioksidan. Menurut konsultan diet Cathy Pearson, diet sehat bisa meningkatkan tingkat energi, kesehatan mental, menjaga tubuh dari infeksi serta mengurangi risiko kesehatan yang banyak dialami di usia senja.

3. Minum Air yang Cukup
Jumlah asupan air yang Anda butuhkan tergantung dari beberapa faktor. Misalnya usia, gender dan tingkat aktivitas fisik. Semakin tua usia, risiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan meningkat. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kecukupan air dalam tubuh sejak usia muda. Menurut Cathy, pria dan wanita berusia 19 tahun ke atas disarankan untuk minum 11-15 cangkir cairan dalam sehari. Cairan juga bisa didapatkan dari sayur, buah, sup dan jus.

4. Tidak Merokok
Tidak ada hal yang positif dari merokok. Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok tidak hanya merusak organ dalam Anda tapi juga tampilan fisik dari luar. Kebiasaan buruk ini bisa membuat kulit kusam, banyak kerutan, dan kompleksi wajah yang tidak sehat. Menurut para pakar dari Simplyantiaging.com, “Merokok menghambat peredaran darah dan menghalangi oksigen serta nutrisi menuju kulit.”

5. Banyak Tertawa
Menurut sejumlah riset, tertawa punya banyak manfaat positif bagi kesehatan fisik maupun mental. Tawa yang lepas dan tidak dibuat-buat akan melepaskan ketegangan dan stres, membuat otot-otot lebih relaks selama 45 menit setelahnya. TTawa meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan hormon stres sekaligus meningkatkan sel-sel imunitas dan antibodi untuk melawan infeksi. Semua itu memperkuat ketahanan Anda terhadap penyakit.

6. Konsumsi Makanan Penambah Daya Ingat
Suplemen yang mengandung Gingko Biloba atau makanan seperti ginseng, diklaim bisa membantu menajamkan daya ingat. Nutrisi lainnya yang bisa meningkatkan memori adalah karbohidrat kompleks yang terdapat pada barley, omega-3 dan vitamin D. Konsumsi makanan ini secara rutin untuk mempertahankan daya ingat yang kuat sampai tua.

Sumber : http://www.kecantikan.web.id/tips-cantik/inilah-6-tips-sehat-untuk-melawan-penuaan.htm