Tips Pertama Kali Traveling ke Hong Kong untuk Backpacker

Kalau kamu mau traveling ke Hong Kong rasanya perlu banget deh cari informasi yang banyak dari beberapa grup Backpacker Dunia ataupun grup Backpacker Internasional di Facebook. Soalnya banyak banget informasi yang bermanfaat buat kamu yang punya dana terbatas.

Salah satu tips travelling kesini dengan dari sisi Mata Uangnya. Sebelum berangkat ke Hong Kong kamu perlu menukarkan uang terlebih dahulu. Ya iya dong masa kamu pakai rupiah di negeri orang. Nah, mata uang yang digunakan di Hong Kong itu adalah Dollar Hong Kong (HKD). Kursnya sih 1 HKD sekitar Rp 1.750. Nah, kalau ke Macau mau mampir, kamu gak perlu nukerin ke mata uang Macanese Pataca (MOP). Tapi, ratenya lebih murah MOP dibandingkan dengan HKD.

So, ada yang saranin sih mendingan kalau mau ke Hong Kong masuk lewat Macau dan pulangnya baru lewat Hong Kong. Nanti dari Macau tinggal nyeberang sektiar 45 menit menggunakan kapal Feri dengan biaya sekitar Rp250.000.

Berapa banyak yang harus dibawa? Ini tergantung sih dengan berapa lama kamu di Hong Kong, makanan yang kamu beli dan hostel yang kamu pilih. Beberapa backpacker ada yang kasih saran bawa aja sekitar 3-4jt (ditukerin dulu ke HKD ya). Rata-rata untuk makan, jalan dan lain-lain kurang lebih satu hari untuk sendirian itu bisa habis lah sekitar Rp300 ribuan.

Jadi, relatif aja mau bawa 1000 HKD aja ada kok yang bisa bertahan di HK selama 4 hari 3 malam. Tapi dia bawa cadangan kartu kredit. Kalau kamu enggak punya kartu kredit ya bawa aja sektiar 2000 HKD. Syukur-syukur bisa ke Macau. Cuma kalau ke HK belum ke Macau itu rasanya nanggung banget. Jadi, itu tadi. Mending terbang lewat Macau dan pulang lewat HK.

Traveller ada tips lainnya?

Kalau saya coba dari sisi Sim Card dan Kartu Octopusnya. Setelah tiba di Hong Kong sebaiknya tunda dulu beli SIM Card ya. Soalnya harga SIM Card di Bandara lebih mahal dibandingkan dengan membelinya di pusat kota. Bahkan di beberapa hostel dan hotel sektiar Tsim Sha Tsui bisa dapet lebih murah dibandingkan dengan membeli di Bandara. Bahkan ada juga loh SIM Card asal Indonesia di Hong Kong. Harganya mulai dari 88 HKD sampai dengan 50 HKD. Cuma better katanya lebih bagus beli di vending machine aja supaya ketahuan kecepatan dan kadaluwarsanya.

Nah, buat akses transportasi di HK lebih baik membeli langsung kartu Octopus di Bandara. Harganya sekitar 150 HKD. Saldonya 100 HKD dan 50 HKD itu depositnya. Nanti kalau mau pulang lagi ke tanah air tinggal refund aja depositnya tapi dipoting administrasi 9 HKD. Jadi kamu terima 41 HKD.

Nah, kalau kamu udah biasa pakai Commuter Line dan Transjakarta di Jakarta sistemnya mirp-mirip lah dikit hehehe. Kartu Octopus klo di Indonesia mirip lah sama beberapa kartu non tunai lain yang bisa digunakan untuk bayar makanan di mini market, super market, bayar tol dan bayar parkir. Kalau harus bayar tunai naik angkutan umum di Hong Kong itu susahnya cari kembalian. Jadi, lebih baik pilih yang non tunai aja ya.