Tips : Negara yang Punya Peraturan Aneh, Tetap Patuhi saat Traveling ya!

Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang dikenal dengan sopan santun dan etika yang sangat baik. Kalau kamu ke Jepang, jangan sampai salah etika. Salah satu hal yang sering jadi kesalahan adalah cara makan. Ada beberapa yang harusnya tidak kamu lakukan pas makan.

Pertama, makan sushi langsung sekali suap, jangan digigit. Sushi yang digigit itu menandakan bahwa kamu melecehkan chefnya dan bisa jadi kamu ditegur. Kalau kamu makan makanan yang lain, pastikan jangan mengoper makananmu dengan temanmu dengan menggunakan sumpit karena itu dianggap gak sopan.

Tiongkok

Kalau kamu menjalin LDR sama pacar kamu di Tiongkok, jangan memberi dia bunga saat kalian bertemu. Karena di Tiongkok, pemberian bunga diasosiasikan sebagai kematian. Jadi, intinya kalau kamu kasih bunga kepada orang Tiongkok, itu berarti kamu nyumpahin dia buat cepat mati. Makanya hati-hati ya!

Turki

Kamu lagi di Turki terus mau memuji makanannya? Jangan beri isyarat tangan seperti yang di gambar! Kalau di Indonesia isyarat itu mengartikan kata “OK”, tetapi tidak berlaku di Turki. Dengan memberikan isyarat tangan seperti itu, kamu dianggap menghina dan menantang mereka.

Thailand

Sudah ada yang pernah ke Thailand? Pasti kalian tahu kalau warga Thailand sangat menjunjung tinggi loyalitas kepada rajanya. Bahkan, saat menonton bioskop, lagu kebangsaan selalu diputar sebelum film dimulai lho!

Maka dari itu, bila kalian berada di Thailand, hindarilah bercanda atau bergurau tentang kerajaan. Karena gurauan itu sangat ofensif di mata orang Thailand.

Jerman

Sebagai negara yang terkenal dengan orang-orang yang keras, Jerman juga memiliki tata krama yang sangat ketat. Bila kamu berbicara dengan orang Jerman, jangan mencoba menyembunyikan tanganmu.

Menyembunyikan tangan dianggap tidak menghargai lawan bicara dan membuatnya sakit hati. Saat kamu makan bersama orang Jerman, jangan meletakkan tanganmu di pangkuanmu. Letakkan tanganmu di meja, biar ia bisa memegang tanganmu dengan penuh cinta. Eh.

Di Rusia, Lagi jalan-jalan ke Rusia dan ingin berkenalan dengan orang lokalnya? Hati-hati ya. Di Rusia, memberi senyum kepada orang asing dianggap tidak sopan. Senyuman itu cuma diberikan ke orang-orang yang sudah kamu kenal saja. Jadi jangan heran kalau di Rusia wajahnya jutek-jutek semua, karena itu adalah bagian dari tradisi.