Tips Mudah dan Cepat Cairkan Daging Beku

Cara pertama yang disarankan adalah merendam daging dengan air. Ini akan membantu proses pencairan daging lebih cepat. Siapkan sebuah wadah dan rendam daging dengan air biasa. Memang cukup memerlukan waktu namun cara ini bisa membantu lebih cepat cair dibandingkan dibiarkan biasa saja.

Selanjutnya jika di rumah ada microwave kamu bisa menggunakannya untuk mencairkan daging beku Ladies. Masukkan daging beku ke dalam microwave dan nyalakan. Perhatikan suhu agar tak terlalu panas atau daging malah akan jadi matang.

  1. Gunakan kulkas untuk mencairkan daging beku dengan lambat dan merata. Metode kulkas bisa dilakukan dengan mudah dan aman, dan tidak terlalu memerlukan campur tangan Anda. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir bagian daging yang tipis menjadi matang atau hangus. Akan tetapi, mencairkan daging beku dengan cara ini bisa memerlukan waktu yang lama, terutama daging yang berukuran besar misalnya kalkun atau babi panggang.
    Pilih metode yang lebih cepat apabila Anda tidak bisa menunggu minimal 24 jam agar dagingnya mencair.

  2. Tempatkan daging beku pada piring. Gunakan piring yang kuat, lebar, dan cukup besar untuk menampung semua bagian daging. Uap air yang keluar dari daging akan tertampung ke dalam piring sehingga tidak langsung jatuh ke kulkas.[1] Apabila Anda memiliki potongan daging yang besar, gunakan panci besar untuk menampungnya.
    Biarkan kemasan plastiknya tetap menempel pada daging. Kemasan tersebut akan menahan daging dan kotoran agar tidak berjatuhan di dalam kulkas.

  3. Biarkan daging beku di dalam kulkas. Masukkan piring yang berisi daging beku di dalam kulkas selama setidaknya 24 jam. Untuk potongan daging yang berukuran besar, waktu 24 jam adalah untuk mencairkan daging dengan bobot 2,3 kg.[2] Sesudah 24 jam pertama, periksalah daging tersebut secara berkala untuk mengetahui apakah dagingnya telah mencair atau belum.
    Tekan daging tersebut pada kemasan plastiknya atau balikkan untuk melihat apakah sudah mencair atau belum.
    Cucilah tangan Anda sebelum dan sesudah menyentuh daging beku agar makanan Anda tidak terkontaminasi.

  4. Masak atau bekukan kembali daging tersebut. Penggunaan kulkas ini merupakan metode pencairan daging beku yang lambat sehingga Anda tidak harus langsung memasaknya. Sebaliknya, Anda bisa membekukannya kembali untuk digunakan nanti atau memasaknya di kemudian hari. Sebagai contoh:
    Daging unggas, daging giling, dan ikan bisa tahan disimpan di kulkas selama 1 hingga dua hari lagi.
    Daging sapi, domba, babi, atau daging sapi muda bisa tahan disimpan di kulkas selama 3 hingga 5 hari lagi.