Tips merebus Spaghetti

Merebus Spaghetti agar menjadi enak tentu ada tipsnya, mari saling berbagi!
image

  1. Gunakan Air yang Banyak

Jika tidak ingin pastanya saling menempel, gunakan air yang banyak saat merebusnya. Kamu bisa memilih panci yang agak tinggi dan besar supaya bisa menampung banyak air. Perbandingan mudahnya, gunakan 1 liter air untuk 500 gram pasta.

Bila airnya terlalu sedikit, pasta akan saling menempel karena air rebusan ini menghasilkan banyak kandungan pati. Intinya, gunakan air yang banyak supaya pasta bisa ‘berenang’ bebas di dalam panci. Ya kalau mau diibaratkan, supaya pastanya tidak saling tubrukan.

  1. Saat yang Tepat Memasukkan Pasta ketika Perebusan

Eits, saat memasukkan pasta ke dalam air rebusan pun perlu diperhatikan juga, lho. Kamu harus memasukkan pasta setelah air dalam panci benar-benar mendidih. Memasukkan pasta ketika kompor baru saja dinyalakan akan membuat pasta menggumpal dan saling menempel. Jadi lain kali, bersabarlah sebentar, ya.

  1. Tambahkan Garam ke dalam Air Rebusan

Memasukkan garam ke dalam rebusan pasta sebaiknya menunggu hingga air mendidih. Takarannya, gunakan 1 sendok teh garam untuk setiap satu liter air. Jadi, jika kamu menggunakan 3 liter air, maka cukup tambahkan 3 sdt garam.

Terlihat banyak? Tenang saja, pasta tidak akan menyerap garam secara berlebihan sehingga ia tidak akan terlalu asin. Garam ini akan memberikan rasa gurih pada pasta itu sendiri, bukan hanya dari saus yang nantinya akan ditambahkan. Hmm, yummy!

  1. Jangan Tambahkan Minyak ketika Merebus

Selama ini kita mungkin mendengar bahwa pasta sebaiknya dimasak menggunakan tambahan minyak. Sebab, minyak ini bisa mencegah pasta menggumpal atau saling menempel satu sama lain ketika dimasak dan ditiriskan.

Ternyata, hal ini kurang tepat. Penambahan minyak justru membuat pasta jadi berminyak dan sulit untuk menyerap saus. Ujung-ujungnya, saus tidak tercampur sempurna dengan pasta tapi malah mengumpul di dasar piring. Wah sayang sekali, ya.

  1. Lama Merebus

Setiap jenis pasta membutuhkan waktu masak atau merebus yang berbeda-beda. Kamu bisa lihat berapa lamanya di petunjuk memasak, yang ada di kemasan luar pasta.

Dan lihat tips merebus spaghetti lainnya di :