Tips merawat rambut keriting

92

Punya rambut keriting memang unik, karena terlihat berbeda dari kebanyakan wanita Indonesia yang rata-rata memiliki rambut lurus. Namun, pemilik rambut keriting biasanya memiliki masalah dalam merawat dan menata rambutnya. Diperlukan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra untuk bisa mendapatkan rambut rapi. Bagaimana tips mudah agar rambut keriting alami ini selalu terlihat cantik dan rapi tentunya

Berikut ini cara yang dapat Anda terapkan untuk merawat rambut keriting:

  1. Menjaga kelembaban alami rambut
    Kelembaban alami kulit harus selalu dijaga agar rambut keriting tidak mudah kering dan kusut. Biasanya penggunaan sampo berbahan kimia terlalu sering dapat menyebabkan berkurangnya kelembaban alami kulit. Maka untuk menghindarinya, cobalah sekali-kali Anda mencoba cara mengatasi rambut kering secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai pembersih dan pencuci rambut Anda. Seperti gunakan baking soda untuk menghilangkan ketombe sebagai pengganti sampo. Atau menggunakan perasan jeruk nipis atau lemon sebagai pelembut alami rambut. Sebab manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah juga untuk mengatasi rambut kering, kusam dan membuat rambut mudah diatur.

  2. Lakukan pengeringan rambut secara alami.
    Pemakaian hair dryer untuk mengeringkan rambut keriting setelah keramas dapat membuat rambut semakin tampak mengembang. Bahkan pemakaian hair dryer yang terlalu sering juga membuat rambut menjadi rusak, seperti rambut bisa bercabang dan rambut menjadi kering. Oleh karena itu setelah keramas, sebaiknya Anda membungkus rambut dengan handuk hingga air di rambut meresap ke handuk. Lalu keringkan rambut Anda secara alami dengan cara dikipas-kipas atau diangin-anginkan atau dibiarkan kering secara alami. Dengan cara ini rambut keriting Anda akan lebih mudah diatur.

  3. Gunakan sisir yang bergigi jarang.
    Saat menyisir rambut keriting Anda, gunakan sisir yang bergigi jarang terutama saat dalam kondisi kering. Bahkan Anda lebih baik menyisir cukup dengan menggunakan jari-jari saja sebagai pengganti sisir.

  4. Gunakan sampo berbahan ringan.
    Hindari sampo yang berbahan keras karena hanya akan membuat rambut keriting Anda menjadi lebih cepat kering. Sebaiknya Anda juga menggunakan sampo yang dikhususkan untuk rambut keriting agar penataan rambut jadi lebih mudah.

  5. Gunakan kondisioner yang berprotein.
    Gunakan kondisioner yang kaya akan protein untuk rambut. Sebab manfaat conditioner rambut untuk rambut keriting adalah rambut menjadi mudah dirapikan, mudah ditata dan menjadikan rambut keriting terlihat lebih bersinar. Tidak hanya kondisioner yang kaya akan protein, tetapi pilih kondisioner yang juga dikhususkan buat rambut keriting dan tidak berbahan terlalu keras sama seperti saat penggunaan samponya. Setelah keramas dengan sampo, gunakan kondisioner. Agar hasil rambut keriting Anda lebih halus, saat menggunakan kondisioner biarkan dahulu meresap di rambut selama 5 menit. Baru kemudian rambut dibilas hingga bersih.

Sumber: