Tips Merawat Kuku Kaki

Walaupun sering tertutup alas kaki, kuku kaki memiliki peran yang tak kalah penting seperti kuku tangan. Apa saja tips untuk merawat kuku kaki?

image

Memotong dan membersihkan kuku kaki merupakan salah satu cara merawat kuku kaki agar tetap sehat. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Jaga kebersihan kaki dan kuku kaki Anda dengan rutin mencuci menggunakan air bersih dan sabun. Jangan lupa keringkan dengan handuk setelahnya.
  • Jangan membiarkan kuku terlalu panjang, Anda dapat memotong tiap satu atau dua minggu. Jika perlu, gunakan pemotong kuku berkualitas dan berukuran besar atau klipper khusus untuk kuku jari kaki.
  • Perhatikan pula teknik memotong kuku yang benar. Potong ujung kuku kaki mengikuti bentuk jari kaki. Gunakan alat kikir kuku untuk menghaluskan tepian ujung kuku yang baru saja dipotong dan masih terasa kasar.
  • Jangan sembarangan dalam memotong dan membersihkan kutikula, agar tidak terjadi infeksi dan terasa sakit. Kutikula merupakan penghalang alami kuku dari jamur dan bakteri, jika kutikula dipotong dengan tidak hati-hati maka dapat meningkatkan risiko infeksi dan menyebabkan kerusakan kuku.
  • Agar lebih mudah dipotong dan tidak robek serta memberi hasil potongan yang halus dan bersih, potong kuku kaki Anda dalam keadaan kering.
  • Jangan memotong kuku kaki terlalu pendek. Selain terasa sakit dan dapat membuat kuku kaki tumbuh ke dalam, kuku yang dipotong terlalu pendek juga rentan terhadap infeksi.
  • Cuci bersih kuku dan area kaki setelah memotong kuku dan keringkan. Jangan lupa oleskan losion di sekitar kaki, jari kaki, dan kuku kaki Anda. Lembapkan area kuku dan kutikula dengan pelembap khusus untuk kuku atau bisa juga dengan petroleum jelly.
  • Hindari menggunakan nail polish remover atau cairan penghilang cat kuku lebih dari dua kali sebulan. Sebab cairan tersebut sangat keras pada kuku, terlebih yang mengandung aseton, dapat membuat kuku menjadi rapuh. Sebaiknya hindari pula penggunaan kuku kaki buatan atau kuku palsu.

Sumber: