Tips menjaga kesehatan kulit kepala


Rambut sehat dan bercahaya berawal dari kulit kepala yang sehat. Kamu harus mulai memperhatikan titik awal pertumbuhan rambut untuk memastikan rambut kuat dan sehat, serta mencegah kulit kepala kering, gatal, atau berketombe. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kelembapan kulit kepala.
Sayangnya, melembapkan kulit kepala tidak semudah melembapkan kulit tubuh. Kamu membutuhkan produk perawatan rambut yang tepat, mulai dari sampo sampai perawatan spa yang dapat dilakukan di rumah. Apa saja tipsnya? Tulis dibawah!

  1. Pilih sampo untuk kesehatan kulit kepala
    Beberapa sampo dan kondisioner dapat mengikikis minyak alami pada kulit kepala, sehingga menjadi kering dan iritasi. Jika kulit kepala kering adalah masalahnya, pertimbangkan untuk beralih menggunakan sampo dan kondisioner yang diformulasikan sesuai kulit kepala.

  2. Gunakan minyak rambut
    Untuk mengisi kelembapan kulit kepala secara langsung dapat menggunakan minyak yang khusus untuk kepala dan rambut. Aplikasikan pada saat rambut basah dan gunakan Q-Tip untuk mengoleskan minyak secara langsung pada kulit kepala. Pada malam hari kamu dapat mengoleskan lebih banyak minyak dan memijat kulit kepala sampai helai rambut.

  3. Gunakan bahan astringent
    Mengaplikasikan minyak secara langsung ke kulit kepala dapat membuat rambut terasa dan terlihat berminyak. Untuk menghindari hal ini, gunakan bahan alami seperti minyak tea tree dan chamomile yang dapat menyerap dengan baik pada kulit kepala.

  4. Produk khusus kulit kepala
    Jika kulit kepala sangat bermasalah, gunakan perawatan rambut yang khusus untuk kulit kepala. Misalnya untuk eksfoliasi kulit kepala, masker, serum, yang dapat menyegarkan dan melembapkan kulit kepala yang kering dan iritasi.

  5. Sedikit produk lebih baik
    Salah satu langkah penting untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat dan lembap adalah mengurangi jumlah produk yang digunakan. Sebisa mungkin jaga rutinitas perawatan rambut dengan sederhana, hindari bahan kimia dan keras, serta memilih bahan alami yang tak akan mengiritasi kulit kepala serta mengikis minyak alami di dalamnya.

Referensi

1 Like