Tips Menghindari HP Meledak di Pesawat

image

Dunia aviasi Kanada belum lama ini dikejutkan dengan meledaknya ponsel di Air Canada penerbangan 101. Ponsel milik salah seorang penumpang pesawat berjenis Boeing 787 tersebut meledak dan menimbulkan kobaran api. Pemilik ponsel mengalami luka dan langsung dibawa keluar untuk menerima perawatan. Sementara pesawat yang membawa 262 penumpang tersebut baru lepas landas ke Vancouver usai dua jam mengalami delay.

Pihak penerbangan memilih merahasiakan jenis ponsel yang meledak tersebut. Namun patut disadari bahwa kejadian ponsel meledak seperti ini bisa terjadi menimpa siapa saja, termasuk kamu yang sedang melakukan perjalanan wisata. Agar tak sampai mengalami hal serupa, Bagaimana tips untuk mencegah hp agar tidak meledak di pesawat?

1. Gunakan baterai orisinil

image

Mendapatkan baterai ponsel produksi pihak ketiga belakangan ini relatif mudah. Bahkan ada beberapa produsen yang menawarkan kapasitas lebih besar dan juga daya tahan lebih lama. Meski demikian, menggunakan baterai non-orisinil nyatanya sangat berisiko. Dalam kasus tertentu, ponsel bisa saja meledak dan membahayakan pemiliknya. Untungnya, belakangan ini sudah banyak produsen smartphone yang menggunakan non-removable battery alias baterai tanam.

2. Jangan meletakkan ponsel sembarangan

Hindari meletakkan ponsel di area panas atau bersuhu tinggi, terutama ketika sedang di-charge alias diisi daya baterainya. Hal tersebut akan membuat ponsel rawan terkena overheating atau panas berlebihan. Kondisi semacam ini mudah menimbulkan terjadinya masalah terutama di bagian baterai.

3. Jangan digunakan sambil di-charge

Kebanyakan orang merasa kurang sabar menunggu baterai ponsel selesai diisi dayanya, sehingga menggunakannya sambil di-charge. Sepintas hal ini terlihat aman, namun ternyata menyimpan bahaya tersendiri. Menggunakan ponsel sembari di-charge juga beresiko menimbulkan overheating. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah kebiasaan ini. Bagi Anda yang ingin biasa mengisi daya baterai ponsel semalaman, upayakan mencari tempat yang berventilasi baik.

4. Pisahkan ponsel dari perangkat elektronik lain

Pisahkan smartphone dari peralatan lainnya. Menyimpan ponsel, tablet, dan laptop dalam satu wadah yang sama mungkin akan lebih memudahkan pencarian, namun di sisi lain kebiasaan ini juga akan membuat ponsel lebih mudah panas. Jika memungkinkan, pisahkan masing-masing gadget untuk menjaga agar temperaturnya tetap dalam batas wajar.