Tips Menghilangkan Getah pada Pisau

Pisau yang kita gunakan untuk memasak bisa saja terkena getah makanan. Bagaimana tips menghilangkan getahnya?

  1. Oleskan minyak goreng pada mata pisau
    Selesai memotong bahan-bahan masak yang bergetah, oleskan mata pisau dengan minyak goreng atau minyak kelapa secara merata. Pastikan anda mengoleskannya dengan sedikit digosok agar getahnya bisa hilang sempurna. Diamkan beberapa saat, lalu cuci dengan sabun dan bilas dengan air bersih. Kalau tangan anda juga terkena getah, bisa juga dioles dengan minyak goreng, lho. Setelah getahnya hilang, cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

  2. Lapisi pisau dan talenan dengan plastik
    Langkah satu ini terhitung praktis karena setelah memotong, anda bisa langsung membuang plastik pelapis yang terkena getah. Caranya, lapisi pisau dan talenan dengan plastik bening besar (bukan plastik kresek). Selanjutnya anda bisa memotong sayuran yang bergetah dengan lancar, deh. Namun berdasarkan pengalaman, mengiris dengan pisau yang dilapisi plastik memang lebih susah dan lebih licin. Selain itu karena pisaunya tajam, plastik pelapisnya juga bisa bolong sehingga ada sebagian mata pisau yang mau tak mau harus kena getah.

  3. Letakkan mata pisau di atas api kompor
    Cara terakhir ini sangat praktis sekaligus perlu ekstra hati-hati, nih. Setelah selesai memotong bahan, nyalakan kompor dengan api sedang. Letakkan bagian mata pisau yang terkena getah di atas api kompor selama beberapa detik. Setelah itu, gosok permukaan mata pisau dengan kain lap tebal. Pastikan anda menggosoknya saat mata pisau benar-benar panas ya karena kalau sudah dingin, getah tersebut tak akan hilang dari mata pisau meski digosok sekuat apapun. Oh ya, hati-hati saat menggosok mata pisaunya agar tangan anda tidak terkena panas.

Referensi: