Tips Menggunakan Primer Agar Makeup Tahan Lama

Primer adalah salah satu perawatan wajah sekaligus kosmetik yang digunakan sebelum memulaskan alas bedak. Fungsinya untuk membuat riasan lebih menempel pada wajah dan lebih tahan lama.

1. Primer Berwarna
Primer umumnya memiliki warna transparan yang akan langsung meresap setelah dipulaskan. Namun seiring dengan kemajuan inovasi industri kecantikan, primer diciptakan dengan berbagai warna sesuai dengan jenis kulit.

Jika kulit Anda cenderung kusam, pilihlah primer berwarna pink atau ungu pastel yang akan memberikan efek mencerahkan wajah. Sedangkan untuk kulit wajah yang kemerahan akibat bekas jerawat, menggunakan primer berwarna hijau bisa membantu meminimalisir kemerahan dan menyamarkannya.

2. Cukup Sedikit
Makeup artist Sandy Linter mengatakan, menggunakan primer sebaiknya tidak perlu berlapis-lapis. “Ketika Anda menggunakannya berlebihan, alas bedak akan menggumpal. Sebaiknya gunakan primer hanya sebesar butiran kacang dan baurkan hingga merata,” ujar Sandy seperti dikuti dari Allure.

3. Fokus Area Mata
Baurkan juga primer pada area mata termasuk kelopak mata. Hal itu mencegah makeup smudging atau berantakan karena primer juga berfungsi untuk menyerap minyak dan melembutkan kulit yang kasar.

4. Untuk Wajah Berjerawat
Jika kulit Anda tengah berjerawat, sebaiknya gunakan primer yang dikhususkan untuk kulit berjerawat atau yang mengandung asam salisilat. Lewati penggunaan obat jerawat jika sudah memakai primer khusus ini karena terlalu banyak lapisan produk kosmetik pada jerawat justru semakin memperparah kulit dan menyebabkan jerawat meradang.

5. Perhatikan Tahapannya
Untuk menjaga riasan agar lebih tahan lama, tahapan yang benar dalam merias adalah menggunakan primer, alas bedak, dan bedak tabur. “Tanpa bedak tabur, kandungan air pada makeup dan silikon pada primer akan saling bertolak belakang. Jika Anda menyentuh wajah Anda, maka makeup akan lutur,” tutur ahli kosmetik Ni’Kita Wilson.

Sumber : https://m.detik.com/wolipop/read/2015/10/10/105341/3041126/234/5-cara-menggunakan-primer-agar-makeup-tahan-lama