Tips mengatasi rambut yang kusut

Saya kira dengan melakukan keramas setiap hari akan mengurasi risiko adanya rambut lepek tetapi nyatanya malah membuat rambut menjadi kering dan kusut

Rambut kusut terkadang lebih mudah diatasi menggunakan tangan daripada sisir, terutama jika lebih banyak bagian yang kusut daripada biasanya. Cara mengatasi rambut kusut dengan tangan yaitu:

  • Lakukan dalam keadaan rambut lembab atau basah.
    Seperti telah diketahui, menguraikan rambut saat kering bisa menyebabkan rambut patah terutama pada rambut yang lebih bertekstur. Bila Anda tidak keramas sebelumnya, semprotkan air ke rambut setelah dibagi menjadi beberapa bagian.

  • Gunakan minyak esensial
    Selain menggunakan air untuk menguraikan rambut, Anda bisa menggunakan minyak esesial seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojoba, minyak argan atau minyak alpukat. Gunakan jari untuk mengoleskan minyak ke rambut. Gunakan secukupnya saja, jika terlalu banyak rambut Anda akan terlihat berminyak.

  • Pisahkan, bukan menarik
    Untuk mengatasi rambut kusut, Anda bisa mencoba memisahkan helaiannya menggunakan tangan dan bukan menarik. Pisahkan helai rambut yang kusut dengan perlahan dan uraikan satu persatu. Menariknya dengan kuat hanya akan membuat rambut patah.

sumber: