Tips memilih shampo sesuai jenis rambut

Setiap orang pasti memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Jenis nya pun beragam karena aktivitas dan lingkungan yang berbeda-beda juga. Jika tidak melakukan perawatan yang baik maka akan banyak masalah yang muncul. Untuk membersihkan rambut tidak boleh memilih sembarangan shampo.

  1. Jenis Rambut Berminyak
    Disarankan tidak menggunakan shampo yang banyak kandungan lemak, seperti shampo 3 in 1 atau 2 in 1. Karena hal itu malah bikin kulit kepala dan rambutmu jadi semakin berminyak sehingga akan berpotensi menimbulkan ketombe. Lebih baik gunakan shampo yang berlabel ‘clarifying’. Shampo jenis seperti ini sangat efektif untuk membersihkan minyak pada rambut. Bisa juga gunakan shampo degnan kandungan mint atau lidah buaya untuk membantu mendinginkan kepala.

  2. Jenis Rambut Kering
    Rambut yang terlalu sering diwarnai atau dicatok bisa melemahkan struktur dari rambut dan akan menyebabkan kerusakan. Untuk bisa memulihkan tersebut, disarankan untuk memilih jenis shampo dan kondisioner yang berfungsi melembapkan rambut.
    Bisa juga gunakan jenis shampo dry therapy, yang mampu mengembalikan kelembapan rambut. Jangan lupa berikan perawatan dengan menggunakan deep conditioner seminggu sekali hanya pada bagian batang dan ujung rambut.

  3. Jenis Rambut Normal
    Untuk jenis rambut satu ini lebih mudah dan sederhana. Kamu bisa gunakan shampo jenis daily therapy supaya rambut bisa semakin lembut dan sehat. Pastikan juga untuk keramas setiap tiga hari sekali. Hal ini dikarenakan rambut juga memerlukan sebum atau minyak sebasea, yang berguna untuk melapisi dan memproteksi rambut, sehingga rambut tidak pecah atau bercabang.

Sumber:
https://www.gadis.co.id/Cantik/-tips-memilih-shampo-sesuai-jenis-rambut-