Tips Memilih Maskapai Pesawat Agar Tidak Kecewa di Akhir

Belakangan, pesawat mengalami peningkatan penumpang yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya maskapai yang menawarkan tiket dengan harga murah. Murah, dan bisa menghemat waktu perjalanan? Why not? Tapi, meski murah dan cepat, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih maskapai penerbangan agar tak kecewa di belakang. Bagaimana tips ketika memilih maskapai pesawat?

image

1. Cek Track Record Maskapai

Keselamatan merupakan hal yang paling penting dalam memilih transportasi. Pesawat memang bisa menawarkan kecepatan, sehingga liburanmu tidak buang-buang waktu di jalan. Tapi, ada gunanya cepat jika tidak selamat. Cek track record maskapai dan cari tahu apakah pesawatnya sering mengalami kecelakaan atau tidak. Teman-teman bisa cek di Airsafe.com yang menyediakan data berbagai kecelakaan dalam setiap maskapai.

2. Cari Tahu Fasilitas yang Didapat

Sebelum memutuskan memesan tempat duduk pesawat, pastikan tak lupa mencari tahu fasilitas apa saja yang diberikan dalam harga yang tercantum. Biasanya agen travel akan memberikan catatan fasilitas apa saja, misalnya makanan atau snack dalam pesawat, juga batas jumlah bagasi dalam satu harga seat. Kalau memang memilih maskapai yang low cost, sebaiknya tidak berharap mendapat fasilitas yang macam-macam.

3. Pelayanan di Dalam Pesawat

Jika perjalananmu akan memakan waktu berjam-jam di atas pesawat, maka ada baiknya memilih maskapai dengan kenyamanan tinggi. Cari tahu kabin pesawat yang memang nyaman untuk perjalanan cukup lama. Pilihlah maskapai yang menyediakan tempat duduk lega, bisa juga yang memiliki televisi di masing-masing seat agar perjalananmu tidak bosan. Pesawat dengan fasilitas premium seperti ini mungkin akan lebih malah, namun kenyamanan yang ditawarkan sangat sesuai. Sesampainya di tujuan, kamu pun tak merasa capai terlebih dulu karena tak nyaman selama perjalanan.

4. Bandingkan Harga dengan Maskapai Lainnya

Jangan malas membandingkan harga maskapai satu dengan yang lainnya. Beberapa mungkin terlihat sedikit lebih mahal dari yang maskapai pilihan pertamamu. Tapi, apa artinya harga murah jika kabin jelek, atau fasilitas minim, apalagi ternyata delay. Tak bisa dipungkiri, ada harga, memang ada kualitas. Pilihlah agen travel online yang memberikan harga termurah untuk maskapai yang sama. Yang paling penting, metode pembayarannya mudah dan terpercaya.

5. Cari Review Mantan Penumpangnya

Cari tahu kenyamanan maskapai dari review mantan penumpangnya. Testimoni yang diberikan penumpang biasanya jujur dan bisa menjadi salah satu pertimbanganmu untuk memilih suatu maskapai. Jangan terkecoh dengan harga murah, dan ngotot terhadap satu pilihan, padahal sudah banyak review buruk tentang suatu maskapai. Ingat, keselamatan dan kenyamanmu adalah tak kalah penting.