Tips Memilih Gergaji Mesin

Gergaji merupakan alat pertukangan yang banyak dimiliki dari industri hingga rumah tangga. Hal ini dikarenakan dalam banyak kegiatan, memotong kayu atau bahan keras lainnya sering dilakukan sehingga ketersediaan gergaji perlu diperhatikan. Sayangnya tak semua orang bisa menggunakannya dengan baik karena gergaji manual memerlukan tenaga besar untuk bisa menghasilkan potongan yang diinginkan. Namun sekarang ini sudah ada gergaji mesin yang menggunakan tenaga listrik sehingga Anda tak perlu capek ketika akan memotong kayu atau bahan lain yang memiliki tekstur keras.

Ada banyak jenis mesin gergaji listrik yang beredar di pasaran dari yang kecil hingga yang besar. Dari beberapa jenis tersebut, Anda bisa memilih jenis mana yang paling sesuai kebutuhan jika Anda ingin membelinya.

Untuk memudahkan Anda memilih, berikut in adalah informasi mengenai beberapa jenis mesin gergaji bertenaga listrik untuk pengetahuan dasar Anda.

1. Mesin gergaji listrik.
Memiliki bentuk seperti gergaji besar dengan mesin di bagian ujungnya. Cara penggunaannya adalah dengan menghidupkan mesin kemudian setelah gergaji berputar Anda harus menempelkannya pada pohon atau kayu dan menahannya hingga gergaji melakukan pekerjaannya. Alat ini cukup besar dan berat, beberapa type bahkan membutuhkan lebih dari 1 orang untuk mengangkatnya. Biasanya dimiliki untuk memotong pohon atau kayu besar oleh bagian industri perkayuan atau mebel.

2. Mesin potong kayu duduk.
Ditanamkan di meja sehingga kayu yang akan dipotong harus diletakkan berhadapan 90 derajat. Geser kayu agar sesuai dengan pola potongan yang diinginkan. Menggunakan pisau cakram bulat yang berputar saat mesin dihidupkan.

3. Mesin jig saw.
Menggunakan jarum besar dan tajam untuk memotong kayu sesuai dengan pola. Dengan pisau berupa jarum, Anda akan lebih leluasa untuk menentukan pola potongan kayu hingga membentuk motif atau ukiran tertentu.

4. Gerinda tangan.
Jenis ini merupakan gergaji mesin yang paling banyak dimiliki untuk skala rumah tangga. Digunakan dengan cara dipegang dan dihubungkan langsung dengan listrik. Menggunakan cakram kecil sebagai pisau yang diarahkan langsung dengan kayu yang akan dipotong. Cakram gerinda juga bisa diganti sesuai kebutuhan misalkan dengan cakram besi ketika Anda ingin memotong besi.

Sesudah Anda mengetahui jenis mana yang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan point-point di bawah ini untuk memilih gergaji mana yang sebaiknya dibeli:

• Merk.
Merk merupakan hal yang penting karena dengan merk yang terpercaya bisa dikatakan Anda sudah mendapatkan jaminan akan keawetan mesin. Merk terkenal juga sudah memiliki ketersediaan spare part sehingga ketika rusak Anda akan mudah melakukan perawatan.

• Harga.
Harga menjadi faktor penentu jenis mana yang akan dibeli. Namun sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu agar mengetahui harga pasaran dari masing-masing jenisnya sehingga tidak mendapatkan barang dengan harga terlalu murah atau terlalu mahal.

• Masa garansi.
Sebaiknya memilih mesin yang memiliki masa garansi dan juga memiliki lokasi service resmi yang tersebar setidaknya di kota domisili Anda.

Dengan mempertimbangkan semua point di atas diharapkan Anda akan mendapatkan gergaji mesin yang sesuai dengan keinginan. Untuk membelinya, Anda bisa langsung menuju toko perkakas terdekat atau memesannya melalui situs belanja online. Mintalah penjual untuk menyertakan kartu garansi dan memberikan nota pembelian karena akan dipergunakan kelak jika produk mengalami kerusakan saat masa garansi masih ada. Gunakan dengan berhati-hati dan sebaiknya juga membeli alat keamanan seperti sarung tangan dan kacamata khusus ketika Anda memotong kayu menggunakan gergaji tersebut.