Tips memilih foundation yang bagus

Umumnya wanita ingin riasan yang tahan lama. Namun itu bukan berarti kamu harus mengaplikasikan foundation tebal sampai berlayer-layer. Foundation ketebalan akan membuat riasanmu tampak cakey dan retak-retak. Selain itu, pori-pori kulit wajah jadi gak bisa bernapas, ujung-ujungnya jerawatan deh setelah acara.

Pilih Foundation dari Brand Terpercaya
Tips pertama, Anda harus memilih foundation dari brand makeup yang sudah terpercaya. Foundation yang diproduksi dari brand terpercaya jelas memberikan hasil yang bagus ketika digunakan sebagai alas bedak di wajah Anda. Jika Anda tidak terlalu familiar dengan brand makeup untuk foundation yang dipilih, ada baiknya bertanya kepada teman. Tanyakan pada teman Anda yang paham dengan makeup agar Anda dapat direkomendasikan pada foundation yang bagus.

Mengenali Jenis Kulit Wajah secara Tepat
Tips kedua, setelah Anda tahu brand makeup apa saja yang dapat dipilih. Selanjutnya, tetapkan satu brand yang cocok. Kemudian, pilihlah foundation yang cocok dengan jenis kulit wajah Anda. Sehingga sebelum Anda memakai makeup, apapun itu, termasuk foundation, kenali dahulu apa jenis kulit wajah Anda. Apakah kulit wajah kering, kulit wajah berminyak, atau kulit wajah normal, sebab tidak semua foundation cocok untuk jenis kulit wajah Anda.

Mengenal Jenis Coverage untuk Kulit Wajah
Tips ketiga memilih foundation yang bagus adalah terkait dengan jenis coverage. Ada empat pilihan yang harus Anda perhatikan. Pertama, liquid foundation yang menjadi alas bedak untuk jenis kulit wajah apapun. Namun, disarankan memilih liquid foundation plus water based bagi Anda yang berjenis kulit wajah berminyak. Kedua, cream foundation yang menjadi alas bedak untuk jenis kulit wajah normal atau kering. Kandungan foundation ini salah satunya adalah oil based formula sehingga tidak cocok untuk wanita dengan jenis kulit wajah yang berminyak. Ketiga, pressed powder yang menjadi alas bedak untuk Anda yang berjenis kulit wajah berminyak. Jenis foundation tersebut mampu melakukan penyerapan minyak di permukaan wajah secara maksimal. Keempat, tinted moisturizer yang menjadi alas bedak untuk Anda yang berencana membuat warna kulit wajah dapat lebih tersamarkan.

Foundation atau alas make-up bisa berguna untuk mengoreksi kondisi wajah yang kurang sempurna. Misalnya, menutupi noda hitam atau bekas jerawat yang ada di wajah. Tapi ingat, hanya karena salah memilih jenis warna pada foundation malah bisa membuat wajah Anda terlihat aneh. Pemilihan warna foundation yang tepat berguna untuk memunculkan kecantikan wajah, memudarkan masalah pada kulit dan juga untuk meratakan warna kulit wajah dalam satu lapis. Usahakan Anda mencoba sebelum membeli foundation. Berikut tipsnya:

  1. Ada beberapa cara untuk mencoba warna foundation untuk melihat kecocokan warna kulit, seperti mengoleskan di tangan, ada juga yang mencoba mengoleskannya pada lengan. Tapi menurut para pakar kecantikan, cara yang tepat memilih foundation adalah mencobanya langsung pada wajah. Ini lebih baik dibanding dengan mencobanya pada kulit bagian tubuh yang lain.

Oleskan foundation pada kulit di bagian rahang dan ratakan. Kemudian Anda harus sedikit mundur dari depan kaca rias dan lihatlah apakah warna kulit wajah sudah rata dan menyatu dengan foundation yang Anda pakai. Jika Anda masih melihat warna yang tidak rata, berarti warna foundation yang anda pilih tidak tepat untuk kulit wajah Anda. Namun jika warna foundation yang Anda pilih menyerap dan menyatu dengan warna kulit wajah, berarti itulah foundation yang tepat untuk wajah Anda.

  1. Cara yang kedua adalah mencoba melihat dibawah sinar matahari. Toko kosmetik hanya diterangi oleh lampu neon yang putih dan terkesan pucat. Cahaya lampu neon inilah membuat warna foundation yang di coba pada kulit menjadi samar-samar. Lampu sorot ini akan membuat Anda cenderung memilih warna foundation yang jauh lebih putih. Akibatnya, saat di bawah cahaya normal kulit Anda jadi terlalu putih.

  2. Tips memilih foundation yang ketiga adalah dengan cara memakai pakaian warna putih. Kenapa harus putih? warna pakaian yang berwarna-warni akan memberikan refleksi pada kulit wajah dan warna asli kulit wajah akan berubah sedikit. Maka dari itu dianjurkan untuk memakai pakaian berwarna putih ketika hendak memilih foundation.

  3. Pilih formulasi krim

Ketika memilih formulasi foundation, sebaiknya pilih yang berbentuk krim. Foundation cair lebih sulit berbaur dan menyatu di kulit. Jika memiliki kulit yang kering, gunakan pelembab sebelum memakai foundation. Untuk kulit berminyak, oleskan foundation saat Anda benar-benar membutuhkannya. Gunakan spons basah saat mengaplikasikannya agar terlihat alami.

  1. Pilih warna yang paling dekat dengan warna tulang rahang. Jangan memilih warna dengan tone satu tingkat lebih terang atau lebih gelap dari warna kulitmu, karena hasilnya pasti akan membuat kulitmu jadi belang dan terkesan “berat”

Memilih dan menggunakan foundation memang sulit, tetapi untuk mendapatkan tampilan make up yang sempurna, sangat penting meluangkan waktu untuk belajar bagaimana melakukannya dengan benar.

Sumber : https://www.vemale.com/cantik/35836-cara-memilih-foundation-yang-baik-dan-benar.html