Tips memilih catokan rambut

Catok pelurus rambut atau yang banyak dikenal dengan istilah ‘catokan rambut’ adalah alat yang terdiri dari dua kepingan besi berhadapan yang mengeluarkan panas yang berfungsi meluruskan rambut. Cara kerja alat ini mirip dengan setrika kain. Dua kepingan besi ini digunakan untuk menjepit rambut kemudian ditarik secara perlahan dari pangkal rambut sampai ke ujung rambut secara berulang-ulang.


Ladies pasti ingin tahu tips memilih catokan. Berikut tipsnya:

  1. Kenali Terlebih Dahulu Jenis Rambut Anda
    Bagi Anda yang memiliki jenis rambut keriting dan tebal lebih baik memilih catok rambut yang berukuran besar. Sedangkan bagi Anda yang memiliki jenis rambut bergelombang dan normal pilihlah catok rambut ukuran sedang. Hal itu bertujuan agar Anda bisa meluruskan rambut dengan satu kali tarikan. Sehingga dapat mengurangi efek panas pada rambut Anda. Untuk Anda yang memiliki jenis rambut halus dan lurus sebaiknya pilihlah plat yang berukuran kecil. Sehingga pada saat mencatok tidak mengenai kulit kepala Anda.

  2. Bentuk dan Ukuran Catok Rambut
    Catok rambut bukan hanya bisa digunakan untuk meluruskan rambut. Catok rambut juga bisa digunakan untuk mengkriting rambut atau membuat rambut bergelombang. Jadi, penting bagi Anda untuk memperkirakan terlebih dahulu fungsi apa yang Anda inginkan jadi Anda bisa menentukan bentuk dan ukuran catok rambut yang akan Anda beli. Tebal tipisnya rambut juga menentukan ukuran catok rambut. Jika rambut Anda tipis pilihlah ukuran catok rambut yang kecil. Jika rambut Anda tebal pilihlah ukuran yang agak besar.

  3. Bahan Material yang Digunakan Catok Rambut
    Bahan material yang sering digunakan catok rambut ada berbagai macam. Diantaranya keramik, alumunium, titanium, dan tourmaline. Catok rambut bahan alumunium harganya lebih murah. Namun catok rambut dari bahan alumunium dapat merusak rambut. Bahan keramik adalah bahan yang paling bagus sebagai bahan catok rambut. Namun pilihlah catok rambut yang dilapisi keramik bukan full terbuat dari keramik. Karena catok rambut terbuat full keramik menyebabkan rambut rontok. Catok rambut terbuat dari bahan titanium dan tourmaline diklaim sebagai bahan yang paling bagus. Sebab dapat membuat rambut Anda lebih berkilau dan bercahaya.

  4. Suhu Yang Digunakan Catok Rambut
    Catok rambut cara kerjanya sama seperti setrika yang berfungsi merapikan rambut. Jadi catok rambut membutuhkan suhu tinggi untuk meluruskan rambut. Semakin tinggi suhu yang digunakan menyebabkan rambut anda menjadi rusak. Jadi, sebaiknya belilah catok rambut yang memiliki pengatur suhu. Selain itu catok rambut yang berkualitas suhu yang digunakan lebih stabil dibandingkan catok rambut abal-abal.

sumber:
https://gayarambut.co.id/tips-memilih-catok-rambut-yang-bagus