Tips memilih buah nangka yang matang dan manis

Buah nangka adalah buah yang teksturnya seperti durian, buahnya lebih besar dari durian, rasanya yang manis legit dan aromanya yang harum

image

  1. Pilihlah buah nangka yang duri-durinya besar serta jarak antara durinya cukup lebar, itu menandakan buah nangka tersebut sudah tua. Walaupun belum matang tapi bisa diperam.

  2. Jangan memilih buah nangka yang memiliki duri yang masih memiliki duri yang rapat, karena buah tersebut masih muda dan tidak akan matang walaupun diperam, bahkan akan menjadi busuk. Kecuali jika anda ingin membuat sayur nangka, maka pilihlah buah nangka yang berduri rapat ini.

  3. Pilihlah nangka yang berbau harum. Itu jelas menandakan nangka tersebut sudah matang.

  4. Jangan memilih nangka yang ada lubang pada bagian kulitnya, itu menandakan buah nangkanya diserang ulat, biasanya sebagian daging buahnya akan rusak.

  5. Pukullah buah nangka dengan benda tumpul, jika suaranya terdengar longgar atau buk buk buk, itu menandakan buah nangkanya sudah matang.

  6. Jika suaranya nyaring, itu menandakan buah nangkanya belum matang dan cocok untuk dijadikan sayur nangka.

  7. Untuk memeram buah nangka agar cepat matang bisa anda lakukan dengan membungkusnya pakai karung, bisa anda lakukan ketika nangka masih di pohon ataupun ketika nangka tua yang sudah dipetik.