Tips Memasang Gas Elpiji Dengan Benar dan Aman

Dulu saya juga kesulitan dan takut bila harus memasang gas sendiri. Jika gas di rumah tiba-tiba habis, saya suka minta tolong pada tetangga.

image

  1. Pastikan sirkulasi udara di dapur lancar

Demi menghindari ledakan saat sedang memasang gas, usahakan agar dapur anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Anda bisa membuka jendela dan pintu lebar-lebar selama memasang gas. Sirkulasi udara yang baik ini bisa meminimalisir terjadinya ledakan apabila ada kebocoran gas.

  1. Perhatikan posisi tabung

Sebelum memasang, pastikan tabung gas anda berasa di posisi yang lebih rendah daripada kompor. Hal tersebut demi mengurangi resiko gas terjilat api ketika kompor menyala. Usahakan juga agar posisi selang tidak berkelok-kelok, terlilit, atau tergencet benda lain.

  1. Pastikan kompor dalam keadaan mati

Ini juga tak kalah pentingnya. Ingat, jangan sekalipun memasang gas saat kompor dalam keadaan menyala. Hal ini juga bisa meminimalisir terjadinya ledakan. Pastikan anda mematikan terlebih dahulu kompor selama pemasangan gas. Setelah gas terpasang dengan baik, barulah anda bisa kembali memasak.

  1. Pastikan tabung gas anda berlogo SNI

Demi menjaga agar tabung gas terjamin kualitasnya, pastikan anda menggunakan tabung gas yang berlogo SNI. Logo ini menjamin bahwa tabung yang anda gunakan bebas dari kebocoran. Tapi untuk berjaga-jaga, anda bisa mengecek tabung gas anda dengan cara melumuri bagian leher tabung tersebut dengan sabun. Jika terdapat gelembung sabun, sebaiknya jangan gunakan gas tersebut, karena berpotensi mengalami kebocoran.

  1. Pastikan rubber seal dalam keadaan terpasang

Rubber seal adalah karet yang mengelilingi mulut tabung. Tabung gas yang baik akan memiliki rubber seal saat dibeli. Pastikan juga rubber seal yang terpasang lentur, halus, tidak sobek, dan ukurannya pas atau terpasang sempurna dengan mulut tabung gas anda.

  1. Pasang regulator dengan baik dan benar

Setelah memastikan poin-poin di atas sudah sesuai, barulah anda bisa mulai memasang gas. Saat memasang regulator, pastikan posisinya tegak lurus ke leher tabung, lalu tekan sekuat tenaga dengan tangan anda. Putar penguncinya yang berada di bagian samping regulator searah dengan jarum jam, atau sampai kemiringannya berada di 180 derajat.

  1. Pastikan tidak ada bunyi mendesis

Jika sudah memasang regulator, coba anda perhatikan apakah ada bunyi mendesis yang terdengar? Jika tidak ada, anda bisa langsung kembali menyalakan dan menggunakan kompor gas. Tapi sekiranya terdengar suara mendesis, anda harus segera melepas kembali regulator, mengganti karetnya, lalu memasang kembali regulator tersebut. Jika suara mendesis sudah hilang, barulah pemasangan gas dipastikan aman.

  1. Cek kompor

Kadang setelah dipasang gas, kompor tidak langsung menyala. Jika hal tersebut terjadi, coba cek indikator jarum yang terdapat pada regulator. Jika jarum tersebut tidak mengarah ke sebelah kanan, mungkin saja regulatornya rusak. Tapi jika arah jarum tersebut sudah tepat namun kompor masih belum juga mau menyala, coba tepuk dan goyangkan sedikit tabungnya, lalu nyalakan kembali kompor. Sekiranya masih belum berhasil, lebih baik anda tukarkan kembali gas yang anda beli, karena kemungkinan ukuran leher tabung gasnya tidak sesuai dengan regulator anda.

Semoga dengan tips di atas, anda tidak bingung lagi ya saat memasang gas elpiji sendiri di rumah. Pastikan anda mengikuti semua instruksi di atas dengan benar agar proses pemasangannya aman.