Bagaimana tips mengambil Foto Hewan Peliharaan?

peliharaan

Hewan peliharaan memegang peranan cukup penting dalam keseharian kita, terlebih lagi semakin populernya beberapa jenis hewan peliharaan, seperti ikan, kucing,anjing, kura-kura bahkan tupai yang juga membuat fotografi hewan peliharaan semakin diminati. lalu bagaimana tips untuk mengambil foto hewan peliharaan?

Ada beberapa tips untuk mengabadikan moment hewan peliharaan tercinta kita:

  1. Abadikan Karakter mereka
    Memotret di area yang mereka senangi adalah suatu ide yang baik. Misal di halaman atauteras tempat mereka biasa beristirahat, memotret saat memberi makan mereka, atau saat bermain bersama dihalaman rumah. Tanya pada diri anda sendiri tentang sesuatu yang unik yang ada pada mereka, kemudian abadikan.

  2. Bekukan aksi
    Saat-saat mereka berlarian dan bermain merupkan moment yang sangat tepat untuk diabadikan. Gunakan Tv atau S(Shutter Priority) untuk membekukan aksi mereka. Gunakan pula continous mode serta Al servo Auto fokus untuk subjek yang bergerak.

  3. Fokuskan pada bagian mata
    Usahakan pada daerah mata tajam dan detail dengan menggunakan spot metering, kita bisa mengatur pada mode Av(aperture priority) untuk memburamkan background/mendapatkan Depth of Field yang sempit.

  4. Sertakan pula pemiliknya (kalau mau)
    Foto hewan bersama pemiliknya sudah sangat digemari dari jaman dahulu kala. Sampai saat inipun cara ini masih sangat efektif menciptakan chemistry dan karakter kebersamaan yang sangat kuat. Anda dapat bersantai diluar ruangan memanfaatkan cahaya alami.

  5. Sesuaikan tinggi kamera
    Sesuaikan posisi tinggi kamera dengan tinggi hewan peliharaan anda, sebagai contoh bila anda memotret anak kucing anda bisa berbaring ditanah. Cara ini sangat efektif bukan hanya untuk hewan peliharaan, namun juga banyak hal.

  6. Cegah penggunaan Flash
    Ada banyak alasan mengapa kita harus menghindari penggunaan flash, diantaranya adalah cahaya flash cukup terang dan bisa menakuti hewan, apalagi jika hewan berwarna putih maka akan tampak sangat terang, selain itu flash juga bisa menimbulkan red eye. Alasan lain adalah apabila kandang mereka terbuat dari bahan logam, flash akan nampak memantul jelas dalam gambar. Gunakanlah cahaya alami sebisa mungkin, agar warna alami dari hewan peliharaan anda lebih tajam.