Tips : Dear Perantau, Ini Cara-Cara Agar Gak Kehabisan Tiket Mudik

Bersiaplah sebelum pukul 00.00 WIB

Jangan menunggu jam 6 pagi atau jam 7 pagi untuk membeli tiket. Belilah sejak pukul 00.00 pagi. Pasalnya, tiket online biasanya langsung ludes tak sampai 30 menit setelah dibuka.

Siapkan lebih dari 1 gadget, pastikan koneksi aman

Siapkan lebih dari 1 gadget, bisa laptop, atau tablet. Jadi kamu bisa memantau terus penjualan tiket tersebut dari berbagai penjuru. Jika kamu menggunakan lebih dari 1 gadget, carilah tempat yang aman dan nyaman untuk hunting tiket tersebut. Yang tak kalah penting, pastikan koneksi internetmu aman.

Jangan cari tiket dengan harga termurah

Hindari memesan tiket dengan harga termurah. Sebab, jumlah peminatnya jauh lebih besar dan membuat kesempatanmu untuk mendapat tiket akan lebih kecil. Jika anggaran mudikmu minim, tetap cari kereta api dengan harga terjangkau namun jangan membeli tiket termurah.

Misal, untuk kereta Jakarta-Surabaya, tiket termurah adalah Rp 165 ribu, carilah tiket dengan harga di atasnya seperti Rp 365 ribu. Sebaliknya, jika kamu menganggarkan lebih banyak untuk mudik, rasanya kamu perlu mempertimbangkan tiket dengan kelas bisnis atau eksekutif.

Coba, Jika kehabisan tiket, coba cari trayek “estafet”. Misalnya kamu mau berangkat dari Jakarta ke Surabaya, namun tiketnya habis. Maka ada solusi yang terbaik dengan cara melakukan trayek “estafet”. Belilah tiket dari Jakarta ke Bandung. Kemudian dari Bandung kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Lebih capek? pasti. Tapi secara harga akan lebih ekonomis daripada naik pesawat.