Tips Cegah Rambut Rusak Akibat Penggunaan Alat Styling Terlalu Sering

Salah satu penyebab rambut menua sebelum waktunya adalah penggunaan alat styling rambut yang berlebih. Plus tidak diimbangi dengan perlindungan dan perawatan yang maksimal.

Jangan asal memilih alat styling

Jika mencatok rambut sudah menjadi ritual harianmu, pilihlah alat catok yang memiliki lapisan keramik dengan kualitas baik. Lapisan keramik sangat berpengaruh pada daya hantar panas yang lebih rendah dan aman untuk melindungi lapisan melanin rambut.

Hindari mencatok rambut dalam keadaan rambut masih basah

Buang alasan karena terburu-buru dan tidak mempunyai waktu untuk mengeringkan rambut dengan maksimal, lantas kamu memilih untuk mencatok rambut dalam keadaan yang masih basah. Rambut dalam keadaan setengah kering atau lembab akan berpotensi lebih cepat rapuh, pecah-pecah, dan kering. Meskipun kamu memaksa untuk mencatoknya, rambut tetap terlihat tampil tidak maksimal dan tidak stunning. Rambut juga akan lebih cepat lepek.

Kurangi pemakaian hairdryer untuk mengeringkan rambut

Beberapa perempuan memiliki kebiasaan ‘keramas setiap hari’. Sehari saja tidak melakukan keramas, kulit kepala akan terasa gerah. Untuk menghindari pemakaian hairdryer, kita bisa mengeringkan rambut secara alami dengan mengandalkan panas matahari atau mengipasnya (diangin-anginkan). Memang memerlukan tenaga dan cukup effort ,sih. Tapi jika hasilnya mampu melindungi rambut dari kerusakan, whynot?

Gunakan serum rambut sebelum menggunakan alat styling

Cara ini berlaku untuk penggunaan hairdryer ataupun alat catok (pelurus rambut). Sebelum mengeringkan atau meluruskan, aplikasikan serum rambut dari bagian tengah sampai ujung rambut. Serum rambut berfungsi untuk melindungi lapisan melanin rambut. Serum juga bermanfaat untuk melindungi rambut dari efek panas alat styling.

Hindari gerakan zig-zag saat meluruskan rambut

Menggunakan alat catok pun ada aturannya. Hindari menggerakkan (zig-zag) alat catok rambut di tengah bagian rambut sedang dicatok. Jika diterapkan terlalu sering saat mencatok rambut, efek negatifnya akan membuat rambut mudah patah, rapuh tidak hanya di ujung rambut, namun dari bagian tengah rambut dan bercabang.

Sumber

https://m.fimela.com/beauty-health/5-tips-cegah-rambut-rusak-akibat-penggunaan-alat-styling-terlalu-sering-170622w.html