Tips Cara Memakai Bedak Agar Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak

Jenis kulit orang bermacam-macam, namun kategori besarnya bisa dibilang ada tiga, yaitu normal, kering dan berminyak. Untuk orang dengan jenis kulit normal, mungkin tidak akan mendapatkan banyak kendala dalam riasan wajah, terutama bedak. Untuk orang dengan jenis kulit kering dan berminyak akan agak tricky. Apa saja tipsnya?

Cara Memakai Bedak Agar Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak

1. Cuci Muka

Langkah pertama dalam cara memakai bedak agar tahan lama untuk kulit berminyak adalah dengan mencuci muka terlebih dahulu. Sebelum menggunakan make up, wajah Anda harus benar-benar bersih dari keringat, kotoran, polusi, dan apa pun itu.

Gunakanlah pencuci muka yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Biasanya pencuci muka tersebut akan mengandung lemon, beras dan bahan lainnya yang dapat bekerja secara efektif menyerap minyak berlebih dari kulit.

2. Face Primer

Siapa yang suka pakai primer? Bagus! Berarti selain suka make up, Anda juga peduli dengan kulit Anda. Jika Anda belum mulai menggunakan primer, mungkin Anda belum mengetahui manfaat dari face primer. Dengan menggunakan primer sebelum make up, pori-pori wajah Anda akan ‘tertutup’, sehingga kosmetik lainnya yang akan Anda gunakan tidak akan masuk dan menyumbat pori-pori.

Lalu, face primer juga dapat membuat kulit menjadi mulus dan halus. Pori-pori besar? Jerawat? Komedo? Bye-bye, semuanya lenyap disamarkan oleh primer. Lalu, primer juga dapat membuat warna kulit terlihat rata dan dapat membuat make up menjadi lebih tahan lama dan lebih enak di-blend.

3. Foundation

Sebelum pakai bedak, tentunya akan lebih maksimal jika Anda menggunakan alas bedak terlebih dahulu. Alas bedak ada bermacam-macam, namun yang kualitasnya paling baik adalah foundation. Anda bisa mendapatkan flawless look dengan menggunakan foundation, karena foundation memiliki coverage yang super tinggi, sehingga dapat menutupi kekurangan pada wajah dengan baik.

Gunakanlah oil-free foundation sehingga alas bedak dapat bertahan lebih lama pada kulit berminyak. Jadi, urutannya sejauh ini adalah mencuci muka – menggunakan primer – lalu mengaplikasikan foundation. Namun, jika Anda merasa foundation terlalu ‘berat’ untuk Anda, maka Anda bisa menggunakan alas bedak lainnya seperti BB Cream.

4. BB Cream

Jika Anda tidak mau sering-sering menggunakan foundation, Anda bisa menggantinya dengan yang lebih ringan seperti AA/BB/CC/DD/EE cream. Mungkin nama-nama krim ini agak memusingkan buat yang belum terlalu faham kosmetik. Tapi, sebenarnya itu hanya permainan nama saja, karena kandungan di dalamnya tidak jauh berbeda.

AA mengedepankan aura, CC mengedepankan correcting, DD dan EE mengedepankan moisturizing, dan yang paling populer adalah BB cream, yaitu pelembab sekaligus bedak yang sangat praktis. Karena sudah mengandung bedak, BB cream bisa langsung dipakai begitu saja tanpa apa pun lagi. Namun, untuk orang dengan kulit berminyak, mungkin agak riskan jika menggunakan BB cream saja.

Untuk itu, BB cream dapat Anda gunakan sebagai murni alas bedak. Setelah menggunakan BB cream, timpa lagi wajah Anda dengan bedak tabur, selaku bedak wajib untuk para memilik wajah berminyak.

5. Setting Powder

Yang satu ini juga sering banget dilewatkan oleh orang-orang, entah karena tidak tahu, entah karena merasa tidak penting. Padahal, setting powder merupakan elemen yang sangat penting dalam make up, apalagi kalau wajah Anda berminyak. Setting powder bekerja untuk mem-bake make up pada wajah Anda agar tetap stay seperti itu tanpa luntur karena minyak wajah atau pun karena masalah lainnya.

Sumber : https://bacaterus.com/cara-memakai-bedak-agar-tahan-lama-untuk-kulit-berminyak/