Tips and Trick cara pasang LED pada model kit gundam

Tips dan Trik CARA Pasang Led di Gundam

Menambahkan led pada gundam beberapa menjadi favorit modeler mekustomisasi gunpla menjadi menyala terang, terlebih lagi kebanyakan led ditambahkan pada bagian kepala gundam, seolah cahaya led menyalahkan bagian mata gundam.

Kenapa harus custom led sendiri

Kalau biasanya, led gundam itu sudah disediakan khsusus untuk beberapa gundam yang built in led, contoh seperti MG 00 raiser, MG exia, PG unicorn, dll, juga sudah disediakan led khusus berbentuk bulet yang tinggal diamasukan ke slot led pada gunpla tersebut.

Kenapa gapake led khusus itu aja untuk kustom gunpla yg lain?

Pertama, led khusus tersebut hanya bisa dipasang pada beberapa gundam yg built in led, dan hanya untuk beberapa bagian gundam
Kedua, harganya lumayan mahal untuk sebuah led

Nah, gimana dong untuk gundam yang tidak terdapat led dari pabrik? 


Gundam yang tidak terdapat led dari pabrik, bisa kita kustom led yang bisa kita buat sendiri, walaupun sedikit sulit tapi hasilnya lebih-lebih, lebih murah, dan lebih keren karena bisa ditaruh dimanapun, bagian kepala, thruster, bazooka, beam saber, dll.

Kelebihan lainnya dari kustom led sendiri ini, yaitu tidak tergantung dari tempat khusus seperti yang dijelaskan sebelumnya, led ini bisa kita tempatkan dimanapun yang kita mau sesuka hati, dengan catatan kita sendiri yang membuat tempat agar muat led-nya.

Kustom led gundam ini bisa ditempatkan tidak hanya untuk grade MG, tapi bisa untuk SD, RG atau HG, bahkan PG, hanya tinggal menyesuaikan tempat untuk led-nya.

Pemilihan tipe led untuk dipasang di gundam

LED ini memiliki ukuran berbeda-beda dan juga warna yang berbeda beda pula,

untuk kustom led yang dipasang digundam, disarankan menggunakan led dengan tegangan 3 v. dengan ukuran panjang 5mm dan diameter 3mm seperti gambar yang kanan berikut.

pasang led gundam
Kiri : led ukuran panjang 1cm, diameter 5mm | kanan: led ukuran panjan 5mm, diameter 3mm.

Jika diperhatikan pada bagian dalam led, bagian dengan pin besar itu (-) dan pin yg kecil  (+), lebih lengkap liat gambar berikut

led anode katode

Pemilihan batre untuk menyalakan led 

Daya pada led itu rata-rata 3v, dan agar dapat menyala terang dibutuhkan daya batre 3v. 
bisa menggunakan batre AAA yang diseri dua, 
bisa menggunakan batre jam yang diseri dua, atau bisa menggunakan daya dari usb
pasang led gundam

INGAT:  Jika daya dari batre melebihi yang dibutuhkan led, harus menggunakan Resistor sebagai penghambat tegangan.

Resistor
gambar Resistor

Contoh, jika kita ingin menyalakan 1 led 3v dengan batre kotak 9v, maka tagangan dari batre akan berlebih 6v, untuk mengatasi tegangan berlebih ini bisa digunakan Resistor 470 ohm


Jika kita ingin menyalakan 1 led 3v dengan batre AAA yang diseri menjadi 3v, tidak membutuhkan resistor, karena daya-nya pas.

Tehnik Pemasangan led pada gundam

Ohiya jika anda ingin memasang lebih dari satu led pada gundam, ada 2 cara untuk membuatnya agar semua led bisa nyala, yaitu led disusun seri atau led disusun paralel. Berikut penjelasannya:

#1. Led disusun Seri

led disusun seri
kaki led disusun berlawanan kutub


Led yang diseri ini mempunyai kekurangan, yakni jika disusun seri 3 buah led maka tegangan yang dibutuhkan akan menjadi tiga kali lipat led, jika disusun seri 4 led maka dibutuhkan tegangan 4 kali lipat, dan seterusnya.
contoh, satu led membutuhkan tegangan 3v untuk menyala, jadi jika 2 led di seri maka akan membutuhkan tegangan 6v untuk bisa menyala.

#2. Led disusun Paralel

Led disusun paralel
kaki led disusun sesama kutub


berbeda dengan susunan seri diatas, led yang disusun pararel tidak membutuhkan tegangan berkali lipat dengan jumlah led.

Led yang disusun pararel walaupun lebih dari satu led, nilai tegangan yang dibutuhkan tetap sama, tetapi arus yang dikonsumsinya akan sebanyak lednya

contoh, satu led membutuhkan 3v  untuk menyala, jika 2 led disusun paralel maka tetap membutuhkan tegangan 3v untuk bisa menyala.

Kesimpulan 

Jika anda ingin memasang led lebih dari satu pada gundam, sebaiknya dengan cara led yang disusun paralel seperti yang dijelaskan diatas

Rangkuman singkat alat yang dibutuhkan untuk pasang led di gundam

1. led 3v ukuran panjaang 5mm, diameter 3mm
2. kabel, kalau bisa sekecil mungkin
3. batre sebagai daya led
4. resistor (jika daya tegangan batre berlebih)
5. solder dan timah
Segitu aja yang bisa saya jelaskan, semoga dapat bermanfaat, jangan lupa di Share oke.

Referensi :
Tips dan Trik CARA Pasang Led di Gundam

Kreatif juga yaa :rofl::rofl::rofl:

tapi kalau misalkan model kit ane dibikinin led kek gitu malah keliatan aneh gan…
mending digunain buat dashboard nya saja biar tempat pajangannya jadi semakin waoow…

kayak gini om,