Tips Agar Pengajuan Visa Kamu Diterima

Memiliki visa adalah syarat terpenting buat kamu yang ingin berkunjung ke luar negeri.

Banyak sekali rumor yang mengatakan dan beredar, bahwa sangat sulit mengajukan visa untuk berkunjung ke suatu negara yang membuat banyak orang selalu mengundurkan dirinya. Tetapi, tahukah kamu kalau untuk mengajukan visa itu membutuhkan trik khusus agar visa kamu lancar dan bisa diterima.

Prosesnya yang terbilang lumayan susah untuk sebagian orang ini sudah sering kita dengar kalau ternyata membuat visa itu bukan hal yang mudah dan bahkan tidak jarang juga yang gagal dan selalu ditolak untuk bisa mendapatkan izin berkunjung ke negara yang diidamkan. Buat kamu yang pernah merasakan ditolak visa nya, sepertinya kalian harus mengetahui terlebih dahulu enam tips dan trik berikut agar visa yang kamu ajukan untuk mengunjungi destinasi impian kamu lebih mudah diterima.

Salah satunya dengan mengIsi formulir pengajuan visa dengan benar. Setiap negara tentunya memiliki beberapa jenis visa yang berbeda-beda, mulai dari visa turis, visa working holiday, visa bisnis dan lainnya. Setiap formulir tentunya memiliki perbedaannya tersendiri, makanya untuk mengisi formulir tentunya hal yang paling dasar dan harus teliti dalam mengisinya. Kamu harus memastikan terlebih dahulu pada saat sedang mengisi formulir visa yang akan kamu ajukan nanti. Ingat! Kamu juga harus memastikan tempat tujuan kamu itu sama dengan apa yang kamu isi di lembaran formulir nanti.

Siapkan dokumen lengkap, merupakan juga hal terpenting yang memperlancar pengajuan visa kamu nantinya. Sama seperti membuat paspor, kamu juga harus menyiapkan dokumen penting dan lengkap jika ingin mengajukan visa. Banyak dari kedutaan besar yang sering menolak pengajuan visa hanya karena dokumen yang tidak lengkap, sebelum mengajukan visa sebaiknya kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan dan melengkapi semua dokumen yang akan kamu bawa nantinya. Karena, selain paspor yang menjadi salah satu dokumen utama, kamu juga diwajibkan untuk membawa pas foto, tiket penerbangan pulang pergi, bukti pemesanan hotel, bukti laporan keuangan, surat keterangan, rencana perjalanan dan asuransi tentunya. Tapi, banyak juga dari beberapa kedutaan di Indonesia yang akan meminta surat keterangan dan dokumen lainnya, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu juga membawa akte kelahiran dan kartu keluarga yang asli.

Siapkan bukti keuangan. Salah satu faktor terpenting lainnya adalah persiapan finansial kamu. Karena, hampir semua negara yang akan kamu kunjungi nanti akan memwajibkan kamu untuk melampirkan bukti laporan keuangan kamu dalam tiga bulan terakhir. Sebelum mengajukan visa, sebaiknya kamu harus mengatur terlebih dahulu rekening keuangan kamu dengan benar dan tepat dan hindari untuk melakukan transfer uang dalam jumlah yang besar. Hal tersebut akan mempersulit kamu dan pihak kedutaan tentunya akan mencurigai kamu dalam membuat visa. Pastikan sekali lagi kalau kamu memiliki dana yang cukup di dalam tabungan kamu dan juga untuk membiayai perjalanan kamu selama liburan nanti.