Tipe-tipe apa saja yang terdapat dalam proses Risk Monitoring?

manajemen_risiko
perencanaan_manajemen_risiko

(Wonka) #1


Risk Monitoring merupakan salah satu tahapan dalam melakukan Risk Management Plan. Apakah yang dimaksud Risk Monitoring? Sebutkan juga tipe-tipe yang ada pada Risk Monitoring beserta elemen umum yang ada didalamnya!


(Willy Aditya Nugraha) #2

Risk Monitoring merupakan proses berkelanjutan untuk mengelola risiko. Risk Monitoring adalah proses yang melacak dan mengevaluasi tingkat risiko dalam suatu organisasi. Dalam manajemen risiko, terdapat fase awal yang melibatkan identifikasi risiko, penyetujuan perlakuan resiko dan perancangan kontrol. Risk Monitoring adalah proses pelacakan pelaksanaan manajemen risiko dan terus mengidentifikasi dan mengelola risiko baru. Selain memantau risikonya sendiri, proses risk monitoring melacak dan mengevaluasi keefektifan strategi manajemen risiko. Temuan yang dihasilkan oleh risk monitoring tersebut dapat digunakan untuk membuat strategi baru dan memperbaharui strategi lama terbukti tidak efektif.

Tipe – tipe dalam Risk Monitoring:

  • Voluntary - strategi pemantauan risiko ini tidak diwajibkan oleh hukum, tetapi dilakukan oleh perusahaan untuk membantu mereka belajar dari peristiwa yang telah terjadi di masa lalu.

  • Obligatory - Strategi pemantauan risiko ini diwajibkan oleh undang-undang untuk beberapa organisasi, untuk memastikan bahwa metode pemantauan dan pengelolaan risiko yang tepat digunakan.

  • Reassessment - Penilaian risiko manajemen risiko dan risiko sekunder atau tersier.

  • Continual - Monitoring yang selalu berlangsung.

Elemen – elemen umum dalam Risk Monitoring:

  • Risk Identification: proses berkelanjutan untuk mengidentifikasi risiko baru.

  • Risk Analysis: analisis berkelanjutan terkait kemungkinan risiko, dampak(impact), pilihan perlakuan(treatment) dan factor lain seperti momen risiko.

  • Risk Controls: memonitor/memantau pelaksanaan pengendalian resiko seperti proses mitigasi risiko.

  • Measurement & Communication: mengukur eksposur risiko saat ini dan mengkomunikasikan informasi risiko kepada pemangku kepentingan. Hal ini mungkin termasuk ulasan rutin.

Sumber: