Tipe orang seperti apa yang pasti selalu ada di stasiun dan terminal?

penumpang angkutan umum

Buat Anda yang sering bepergian dengan moda transportasi kereta api atau bus, sadar atau tidak, saat sedang asyik menunggu jadwal kedatangan, ternyata di sekitar Anda banyak tipe orang yang sikap, karakter, dan gayanya cuma bisa Anda temukan di tempat-tempat angkutan umum ini. Nggak sulit untuk menemukannya. Anda tinggal tengok kiri dan kanan, dan Anda sudah bisa lihat orang-orang ini hadir ‘mewarnai’ kehidupan ramainya stasiun dan terminal setiap hari. Tipe orang seperti apa yang pasti selalu ada di stasiun dan terminal?

  1. Orang yang nggak pernah lepas dari minyak angin
    Anda kadang sampai tak perlu melihat orangnya, karena wangi minyak angin yang kencang dari tubuh jadi identitas mereka. Saking kencang wanginya tersebar di udara, dari jauh pun orang-orang ini sudah bisa ‘terdeteksi’. Orang-orang jenis ini lazim ditemui di terminal antarkota yang jaringan bus komersilnya sangat banyak. Di tangan mereka selalu hadir minyak angin merek ternama. Biasanya tipe yang begini lumayan berumur tua, karena mereka cenderung rentan masuk angin, apalagi kalau kondisi bus/keretanya dingin karena AC di dalam.

  2. Pengamen
    Yang ini suka hadir di terminal bus antarkota. Saat sedang santai melepas dahaga, tiba-tiba Anda diinterupsi oleh suara sumbang pengamen. Orang ini tak jarang bernyanyi dengan volume tinggi sampai membuat Anda tak konsen beraktivitas (kalau suka membaca buku, bisa ‘buyar’). Tapi kalau dapat yang suaranya enak, Anda malah ketagihan dan tak segan kasih recehan yang jumlahnya banyak.

  3. Orang yang ketiduran karena datang terlalu pagi
    Mereka bisa ditemukan di jam-jam perjalanan awal, di stasiun maupun terminal. Apalagi kalau pagi banget. Orang-orang ini biasanya datang lebih awal, takut ketinggalan kereta atau bus pagi yang tiketnya dibeli dengan harga murah, tapi mata masih terlalu berat untuk berkompromi. Akhirnya end up tertidur di bangku tunggu.

  4. Orang yang bawa kardus mie instan
    Bukan, mereka bukan kurir atau penjual mie instan. Kalau Anda cek isinya pun, 95% kami asumsikan bukan mie instan. Melainkan, orang tipe ini menggunakan kardus tersebut sebagai pengganti tas atau koper mereka. Jangan bayangkan tingkat keamanannya seperti koper fiber yang TSA-approved, bawa barang-barang pribadi dengan kardus tentunya sangat ringkih. Tapi faktanya, kardus mie instan merupakan alternatif penyimpanan favorit yang sering ditemui di terminal atau stasiun. Isi kardus tersebut bisa variatif. Bisa berisi pakaian untuk/selama di tempat tujuan, atau bahan makanan dan oleh-oleh unik yang dibungkus sedemikian rupa dari daerah asalnya. Orang tipe ini paling ramai hadir saat masuk masa-masa libur panjang, apalagi kalau sudah dekat-dekat Lebaran atau Natalan. Bagasi bus dan tempat meletakkan tas di kereta bisa penuh dengan kardus mie instan.

  5. Orang-orang jenis ini pasti selalu ada di stasiun dan terminal
    Jangan sampai kita jadi salah satu di antara orang-orang tipe ini di stasiun atau terminal. Orang-orang ini biasanya punya penyakit tak bisa mengestimasi waktu, akhirnya sampai di stasiun malah terburu-buru mengejar kereta atau bus yang sebentar lagi berangkat. Paling sial sih, kadang orang-orang ini sebenarnya bahkan sudah pandai memperkirakan waktu berangkat dari rumah ke terminal, namun di tengah jalan malah terjebak macet. Akhirnya jadi telat sampai terminal atau stasiun.

Sumber: