Tipe manakah kamu, menjadi pekerja atau pemikir?

entrepreneur-1340649_640

Dalam memilih pekerjaan tentunya terdapat kriteria yang dibuat individu untuk menjadi acuan profesi seperti apa yang sebaiknya ia pilih. Hal ini bertujuan untuk menentukan bagaimana sebaiknya individu dalam mencari pekerjaan yang cocok dan tepat untuk dirinya agar dalam pekerja dalam maksimal dan sepenuh hati. Berbeda dengan orang yang bekerja tidak sesuai dengan kriteria dan kemampuannya cendrung akan bekerja dengan prinsip yang penting selesai.

Dalam memilih pekerjaan hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenali diri sendiri, bagaimana potensi dan kemampuan yang saat ini dimiliki apakah sesuai dengan pekerjaan yang tersedia, sebab jika memaksakan suatu pekerjaan tanpa membaca dan mengenali diri sendiri tentunya akan berbeda jika seseorang lebih mengenali terlebih dahulu potensi yang dimiliki oleh dirinya. Untuk membantu seseorang dalam memilih dan mendapatkan pekerjaan atau karier idaman terdapat tipe pribadi yang harus dikenali seseorang, seperti apakah ia tipe pekerja ataukah tipe pemikir.

Tipe kepribadian yang pertama aladalah tipe pekerja, yang mana tipe ini cendrung puas jika dapat menyelesaikan pekerjaan yang telah diberikan padanya, sebab tipe kepribadian ini menyukai kegiatan yang melibatkan aktifitas fisik dan bekerja dengan menggunakan tangan. Berbeda dengan tipe pemikir (investigator), tipe kepribadian ini dimiliki oleh orang yang selalu merasa penasaran dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya, umumnya akan berusaha untuk menganalisa dan menggunakan berbagai metode untuk memecahkan masalah.

Nah berdasarkan dua tipe dia atas, termasuk tipe manakah kamu? Pekerja atau pemikir nihh!? Komen dibawah yaa!!

Kalau saya sendiri merasa kalau saya seorang pemikir. Tidak hanya dalam bekerja, tapi dalam kegiatan sehari-hari. Saya selalu memikirkan bagaimana menyelesaikan ketidakmampuan saya dalam suatu hal, dengan hal yang saya bisa.

Tapi disisi lain saya juga suka menyelesaikan masalah, tugas-tugas, atau pekerjaan yang diberikan. Apalagi bila selesai dengan maksimal, rasanya puas banget.

Saya tidak tahu dengan pasti, tapi sepertinya saya adalah tipe pekerja. Saya sadar bahwa rasa kepekaan terhadap sosial di lingkungan sekitar saya sangat lemah sehingga cenderung menarik diri dan terkadang memilih untuk tidak peduli. Namun anehnya, saya merasa bersemangat ketika seseorang mengikutsertakan saya dalam kegiatan lingkungannya. Saya tidak yakin apakah saya termasuk tipe orang yang menginginkan kehadiran orang lain sehingga merasa dibutuhkan. Saya masih dalam proses self discovery hehe, tapi sampai saat ini saya cenderung mengarah ke tipe pekerja.