Timah dan Pasta Gigi

275px-Toothpasteonbrush

Timah atau Stannum (Sn) adalah salah satu unsur logam yg banyak ditemui di alam. Unsur ini merupakan logam yang miskin disebut juga logam post-transisi keperakan, bisa ditempa (malleable), tak mudah teroksidasi dalam udara hingga tahan karat, ditemukan didalam banyak aloy, dan dipakai untuk melapisi logam lainnya untuk mencegah terjadinya karat. Timah diperoleh terutama dari mineral kasiterit yang terbentuk sebagai oksida. Bersifat tidak terpengaruh oleh air dan oksigen pada suhu kamar sehingga tahan karat ketika terkena air tetapi akan larut bila terkena asam dan alkali.
Sumber timah di alam yang paling umum adalah kasiterit (SnO2) yang merupakan bentuk oksida timah. Kasiterit telah lama di tambang oleh penduduk bumi sebagai sumber utama timah. Indonesia adalah salah satunya.

Dalam kehidupan sehari hari kita banyak menemukan timah sebagai pendukung kehidupan contohnya pasta gigi. Jika Anda pernah menemukan pasta gigi dengan kandungan SnF2, maka itu menunjukkan bahwa ada keterlibatan timah dalam pembuatan komponen tersebut.
Ini adalah salah satu produk sampingan timah dengan daya yang sangat kecil. Meskipun ini akan digunakan untuk produksi pasta gigi, namun ini sangat aman dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa pasta gigi mengatakan bahwa komponen ini bisa menjadi fluorida alami untuk memperatahankan gigi.

izin bertanya kak untuk produk pasta gigi yang tidak mengandung SnF2 lalu bahan pengganti timah nya apa ya kak? Dan adakah produk lain yang umumnya mengandung timah dan digunakan sehari-hari seperti pasta gigi?

izin bertanya kak, apa manfaat lain dari penggunaan timah selain bisa untuk produk pasta gigi ini? terimakasih

Apakah semua pasta gigi mengandung timah?, jika tidak,apakah fungsi pasta gigi tetap sama jika mengandung pengganti timah?