Tim Ferris : Penulis Best Seller, Human Guinea Pig

Foto oleh Jemal Countess/Getty Images


Biografi Tim Ferris


Pekerjaan
Penulis, jurnalis, pengusaha, public speaker.

Buku

  • The 4-Hour Workweek (2007)
  • The 4-Hour Body (2010)
  • The 4-Hour Chef (2012)
  • Tools of Titans (2016)

Tempat dan Tanggal Lahir
East Hampton, New York, U.S, 20 Juli 1977

Kewarganegaraan
Amerika

Pendidikan
Princeton University

Kekayaan
$20 juta dollar – 268.320 miliar rupiah

Sumber kekayaan
Buku, Investasi

Riwayat hidup.

Lahir di East Hampton, New York, U.S. pada 20 Juli 1977 dengan nama Timothy Ferriss. Tim merupakan lulusan dari St.Paul’s School di Concord, New Hampshire yang merupakan sekolah asrama. Saat menempuh sekolah menengah Ferriss pergi ke Jepang untuk pertukaran pelajar. Lalu ia melanjutkan kuliah di Princeton University.Dia diterima di Princeton University dikarenakan kekuatan essay nya yang basus. Ferriss lulus kuliah dengan mendapat gelar East Asian Studies di tahun 2000. Setelah lulus Ferris bekeja di bagian penjualan di Silicon Valley start-up dan memulai membangun bisnis internet nya yang bernama BrainQUICKEN pada tahun 2001 .

Riwayat Karir

BrainQuicken merupakan perusahaan berbasis online yang menjual suplemen nutrisi. BrainQuicken meluncurkan prosuk berupa BodyQuick dan BrainQuicken.Produk ini disebut dapat meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksinya diklaim hanya 60 menit saja. BodyQuick merupakan produk yang sukses besar, namun ia menjual perusahaan ini pada tahun 2010. BrandQuicken inilah yang menuntun Ferris untuk menulis buku pertamanya The 4-Hour Workweek.

The 4-Hour Workweek terbit pada tahun 2007 oleh penerbit Random House.Sebelum rilisnya buku ini Ferriss bukanlah orang terkenal, dia memasarkan buku ini melalui blogger kenalan pribadinya. Hasil kerja kerasnya ini berbuah manis. The 4-Hour Workweek menjadi nomor 1 di beberapa daftar bestseller seperti New York Times bestseller, Wall Street Journal bestseller,dan BusinessWeek bestseller. Buku ini terjual hingga 1,350 juta kopi dan bertengger selama kurang lebih 4 tahun di jajaran New York Times Bestsellser. Pada tahun 2009 The 4-Hour Workweek, Expanded and Upadated rilis oleh Random House. Buku ini memuat studi kasus penulis tentang orang yang telah menggunakan metode Ferriss.

Buku kedua Ferris yang berjudul The 4-Hour Body: An Uncommon Guide to Rapid Fat-Loss, Incredible Sex, and Becoming Superhuman, terbit pada Desember 2010 oleh Crown. Buku ini memuat lebih dari 50 topik, termasuk didalamnya ada cara menghilangkan lemak dengan cepat, meningkatkan stamina, meningkatkan daya tahan dan tidur polifasik. The 4-Hour Body menjadi nomor satu di jajaran he New York Times Best Seller. Selain itu buku ini juga mendapat peringkat nomor 4 di Wall Street Journal dan USA Today’s, termasuk 5 teratas di Amazon.com bestseller pada periode Desember 2010-Januari 2011.

The 4-Hour Chef: The Simple Path to Cooking Like a Pro, Learning Anything, and Living the Good Life, merupakan buku ketiga Ferris yang rilis pada November 2012 oleh Penerbit Amazon. Buku ini berisi cara memasak praktis, tips resep dan penggunaan keahlian memasak dengan penjelasan metodenya untuk mempercepat pembelajaran yang ia sebut dengan “meta-learning”. Buku ini meraih nomor satu di jajaran Wall Street Journal bestseller di awal minggu penerbitannya.

Pada tahun 2013 Ferris memulai televisi series nya berjudul The Tim Ferris Experiment yang disiarkan pada HLN. Memiliki total 13 episode, namun tidak semua episode terebut tayang di televisi. Episode lengkap hanya dapat disaksikan melalui iTunes. Hingga tahun 2016 The Tim Ferriss Show telah diunduh sebanyak lebih dari 80 juta kali.

Selain menjadi penulis buku, Ferris membuat usaha penerbitan audiobook pada tahun 2013. Buku yang pertama diterbitkan adalah Vagabonding oleh Rolf Potts. Buku lain yang diterbitkan adalah The Obstacle Is The Way oleh Ryan Holiday, Daily Rituals oleh Mason Currey, dan What I Learned Losing A Million Dollars oleh Jim Paul dan Brendan Moynihan.

Ferriss merupakan advisor dan angel investor untuk startup. Dia telah menjadi investor atau advisor di startup seperti Facebook,Twitter,Uber, StumbleUpon, Posterous, Evernote, DailyBurn, Shopify, Reputation.com, Trippy, dan TaskRabbit.

Tahun 2016 Ferriss merilis buku keempatnya yang berjudul Tools of Titans. Buku ini diliris oleh Houghton Mifflin Harcourt pada bulan Desember. Isi dan buku ini adalah taktik dan rutinitas dari beberapa tamu populer di Tim Ferriss Show .

Fakta – Fakta

  1. Sebelum meraih kesuksesan, buku pertama Ferriss yang berjudul The 4-Hour Workweek telah ditolak sebanyak 25 penerbit.
  2. Ferris keluar dari Silicon Valley start-up dikarenakan gaji yang kurang dan kerja yang berlebihan. Namun, berkat itu lah Ferris membangun perusahaan suplemen nutrisi nya yaitu BrainQuickenyang membawanya menuju sukses.
  3. Untuk buku The 4-Hour Body, Ferriss mewawancarai lebih dari 200 ahli dalam 3 tahun. Ahli disini mulai dari doktor, atlet hingga penjual obat di pasar gelap.
  4. Dalam rangka promosi buku The 4-Hour Body,Ferriss muncul sebagai tamu di The Dr. Oz Show dan ABC’s The View.
  5. Ferris mendapat julukan “Oprah of Audio” dikarenakan pengaruh dan banyak nya perolehan penonton “The Tim Ferriss Show”.
  6. Ferris memiliki beberapa julukan dari berbagai media. Seperti Wired Magazine menyebut Ferris sebagai “The Superman of Silicon Valley” dan “Greatest Self-Promoter of All Time.”,dan Newsweek mendeklarasikan bahwa Ferris merupakan “The World’s Best Guinea Pig”.
  7. Ferriss meupakan pendukung amal dan anggota Dewan Penasehat Nasional dari sekolah umum DonorsChoose. Dia telah menyumbang lebih dari $250,000 untuk sekolah kekurangan dana.
  8. Pada Oktober 2014 BUILD Boston menganugerahi Ferris BUILDer Award untuk inovasi, enterpreneurship dan kerjanya di perbaikan pendidikan.
  9. Ferris membantu dana untuk studi psychedelic di institut-institut seperti Johns Hopkins University School of Medicine. Di tahun 2016 Ferriss mendonasikan sedikitnya $100,000.
  10. Ferris kini tinggal di San Francisco, California dan dia dapat menguasai 5 bahasa.
  11. Sebelum karir nya menjadi penulis, Ferriss pernah menjuarai kejuaraan nasional USAWKF Sanshou (kickboxing China) pada tahun 1999.
  12. Ferriss mempunyai Guinness World Record di tango.

Quotes oleh Tim Ferris
• “The question you should be asking isn’t, “What do I want?” or “What are my goals?” but “What would excite me?”

• “What we fear doing most is usually what we most need to do”

• “When you try to do something big, it’s hard to fail completely”

• “Focus on being productive instead of being busy”

• “Someday is a disease that will take your dreams that will take your dreams to the grave with you”

• “Age doesn’t matter: an open mind does.”

• “For all their bitching about what’s holding them back, most people have a lot of trouble coming up with the defined dreams they’re being held from.”

• “By working only when you are most effective, life is both more productive and more enjoyable. It’s the perfect example of having your cake and eating it, too.”

• “Information is useless if it is not applied to something important or if you will forget it before you have a chance to apply it.”

Refrensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Tim_Ferriss#Early_life
http://www.biography.com/people/tim-ferriss-21116537#synopsis
http://fourhourworkweek.com/about/
http://www.therichest.com/celebnetworth/celebrity-business/tech-millionaire/tim-ferriss-net-worth/#earningsDataAnchor
http://addicted2success.com/quotes/40-brilliant-tim-ferriss-quotes-that-will-open-your-mind/#

The best entrepreneurs I’ve ever met are all good communicators. It’s perhaps one of the very few unifying factors.” Itu adalah salah satu quotes dari Tim Ferris.

Tim Ferris lahir di Southampton, New York pada tanggal 20 juli 1977. Ferris sekolah asrama New Hampshire, dan selama dua tahun di Jepang karena mengikuti pertukaran pelajar. Kemudian diterima di Princeton University melalui esai yang dibuatnya. Ia menjalankan perusahaan suplemen nutrisi sebelumnya menjadi panari tango dengan pencapaian rekor dunia. Pada tahun 2007, ia merilis bukunya yang berjudul Tha 4-Hour Workweek dan langsung menjadi best seller nomor 1 dan terkenal di seluruh dunia. Ferris merupakan seorang yang aktif dan merupakan motivator juga penulis The 4-Hour Body and The 4-Hour Chef.

Ferris melakukan penerbitan buku pertamanya yaitu audiobook berjudul How I Beat the Ivy League dan mempunyai beberapa pekerjaan temasuk membaca cepat instruksi dan kickboxing Cina sebelum dia lulus pada tahun 2000 untuk fokus pada studinya di Asia Timur. Dia kemudian pindah ke San Francisco untuk mulai bekerja. Dikarenakan pekerjaan yang terlalu banyak tetapi bayaran yang didapat hanya sedikit maka Ferris mencoba untuk membuat perusahaannya sendiri, yaitu perisahaan suplemen nutrisi. BodyQUICK, yang selanjutnya menjadi perusahaan yang sangat sukses walaupun memakan waktu yang cukup lama.

Setelah melakukan perjalanan ke London,Ferris mengalami masalah dan akhirnya memutuskan untuk merampingkan bisnisnya dengan mempekerjakan asistennya. Dia juga berkeliling ke daerah lokal seperti Irlandia dan Jerman serta berakhir di Argentina. Disana ia belajar tango, dimulai dari awal kelas pemula hingga sampai mengikuti semifinal di kejuaraan dunia. Pada tahun 2006 ia meraih Guinness Worl Records untuk putaran tango yang paling banyak dalam satu menit dengan pasangan tariannya Alicia Monti.

Akhirnya Ferris mendokkumentasikan bisnisnya dalamThe 4-Hour Workweek: Escape 9-5, Live Anywhere, dan bergabung dengan New Rich yang diterbitkan oleh Crown, sebuah divisi dari Random House. Meskipun pada awalnya banyak penerbit, tetapi pada akhirnya menjadi best seller di New York Times nomor satu dan tetap ada dalam daftar selama bertahun-tahun. Lebih hebatnya lagi yaitu buku tersebut telah diterjemahkan ke beberapa bahasa.

Pada tahun 2010, Ferriss merilis buku The 4-Hour Body: An Uncommon Guide to Rapid Fat Loss, Incredible Sex, dan Becoming Superhuman. Buku ini juga masuk ke dalam daftar paling laris, meskipun beberapa dokter menentang keabsahan beberapa konten tersebut.

Ferriss juga menguploud sebagian besar karyanya secara online dalam blognya dan ada juga bermacam-macam video web yang membantu pengajaran tentang berbagai macam topik, termasuk materi tentan organisasi. Dia juga pernah menjadi pembicara dalam beberapa permintaan acara dan hasilnya telah terlihat dari dihasilkannya pengusaha dan promotor yang inovatif, meskipun ia sering juga mendapatkan kritik keras karena gagasannya. Ferriss juga mengajar di Singularity University mengajar tentang teknologi.

Pada tahun 2012 Ferris juga mendapatkan bagian dalam mempromosikan makanan dalam The 4-Hour Chef: The Simple Path to Cooking Like a Pro, Learning Anything, and Living the Good Life. Diterbitkan oleh Amazon. Buku ini adalah kumpulan dari foto dan ilustrasi yang mengisahkan tentang penjelajahan penulis ke dalam seni kuliner, daengan tulisan yang menurutnya sangat memotivasi.

sumber: https://www.biography.com/people/tim-ferriss-21116537

Timothy ferriss atau lebih dikenal dengan tim ferriss adalah seorang penulis, pembicara dan motivator yang terkenal melalui bukunya yang berjudul The 4-Hour Workweek and The 4-Hour Body. Tim lahir di 20 Juli 1977 di New York, U.S. Tim adalah seorang sarjana lulusan Princeton University. Sebelum itu ia menempuh pendidikan di St.Paul’s School di Concord, New Hampshire. Setelah itu tim melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi namun tidak di negranya, melainnkan di Jepang karena ada pertukaran pelajar. Karena wawasan yang luas Tim mulai membuat sebuah karya tulis dan itulah yang membuatnya diterima di Princeton University karena essai yang ia buat. Setelah berjuang dengan keras akhirnya Tim lulus dan mendapatkan gelar East Asian Studies pada tahun 2000.

Setelah lulus ia bekerja sebagai staff penjualan di Silicon Valley start-up dan ketika bekerja di tempat tersebut Tim mulai membangun bisnis yang bernama BrainQUICKEN pada tahun 2001 . BrainQuicken merupakan perusahaan berbasis online yang menjual suplemen nutrisi. Ia meluncurkan produk berupa BodyQuick dan BrainQuicken. Produk ini dapat meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksinya hanya 60 menit saja. BodyQuick merupakan produk yang sukses besar, namun ia menjual perusahaan ini pada tahun 2010 karena suatu hal. BrandQuicken inilah yang menuntun Ferris untuk menulis buku pertamanya yang berjudul The 4-Hour Workweek.

Sebelum bukunya yang berjudul The 4-Hour Workweek menjadi bestseller di Amerika, buku tersebut ditolak oleh 25 penerbit. Hal yang dapat kita contoh adalah kita harus tetap optimis dan tidak putus asa ketika apa yang selama ini kita usahakan ternyata belum sesuai harapan. Setelah berjuang menerbitkan buku pertamanya, akhirnya buku The 4-Hour Workweek terbit pada tahun 2007 oleh penerbit Random House. Sebelum rilisnya buku ini Tim bukanlah orang terkenal, dia memasarkan buku ini melalui blogger kenalannya. Buku ini terjual hingga 1,350 juta kopi dan bertengger selama kurang lebih 4 tahun di jajaran New York Times Bestsellser. Pada tahun 2009 The 4-Hour Workweek, Expanded and Upadated rilis oleh Random House. Buku ini memuat studi kasus penulis tentang orang yang telah menggunakan metode Tim.

Setelah sukses dengan buku pertamanya, Tim menulis bukunya yang kedua. Buku yang kedua di beri judul The 4-Hour Body terbit pada Desember 2010 oleh Crown. Buku ini memuat lebih dari 50 topik, termasuk didalamnya ada cara menghilangkan lemak dengan cepat, meningkatkan stamina, meningkatkan daya tahan dan tidur polifasik. Dibalik kisah penulisan buku ini Tim melakukan sebuah penelitian dan mewawancarai 200 orang ahli mulai dari dokter, dan atlet yang ia lakukan dalam waktu tiga tahun. The 4-Hour Body menjadi nomor satu di jajaran he New York Times Best Seller. Selain itu buku ini juga mendapat peringkat nomor 4 di Wall Street Journal dan USA Today’s, termasuk 5 teratas di Amazon.com bestseller pada periode Desember 2010-Januari 2011.
Setelah ia menuai kesuksesan dengan kedua bukunya. Ia menulis bukunya yang ketiga yang ia beri judul The 4-Hour Chef: The Simple Path to Cooking Like a Pro, Learning Anything, and Living the Good Life yang rilis pada November 2012 oleh Penerbit Amazon. Buku ini berisi berbagai macam topik kuliner dengan penjelasan metodenya yang ia sebut dengan “meta-learning”. Buku ini tidak kalah dengan karyanya yang sebelumnya menjadi best seller. Buku ini juga menjadi nomor satu di jajaran Wall Street Journal bestseller di awal minggu penerbitannya.

Selain menjadi penulis buku, Tim membuat usaha penerbit yang ia berinama audiobook pada tahun 2013. Buku yang pertama diterbitkan adalah Vagabonding oleh Rolf Potts. Buku lain yang diterbitkan adalah The Obstacle Is The Way oleh Ryan Holiday, Daily Rituals oleh Mason Currey, dan What I Learned Losing A Million Dollars oleh Jim Paul dan Brendan Moynihan.

Tahun 2016 Tim merilis buku keempatnya yang berjudul Tools of Titans. Buku ini diliris oleh Houghton Mifflin Harcourt pada bulan Desember. Di bukunya yang keempat Tim menuliskan rahasia dari kesuksesan Tamu yang ia undang dalam acara Tim Ferriss Show. Selain menuliskan rahasia kesuksesan dari tamu yang ia undang Tim juga menuliskan rutinitas dan cara agar dapat mengikuti jejak orang tersebut.

Quote :
“The question you should be asking isn’t, “What do I want?” or “What are my goals?” but “What would excite me?”

Timothy ferriss atau tim ferriss adalah seorang penulis dan motivator yang lahir di 20 Juli 1977 di New York, U.S. dia adalah seorang sarjana lulusan Princeton University. Sebelum itu ia menempuh pendidikan di St.Paul’s School di Concord, New Hampshire. Setelah itu dia melanjutkn pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi namun tidak di negranya, melainnkan di Jepang karena ada pertukaran pelajar. Karena wawasan yang luas Ferriss mulai membuat sebuah karya tulis dan itulah yang membuatnya diterima di Princeton University karena essai yang ia buat. Setelah lulus ia bekerja sebagai staff penjualan di Silicon Valley start-up dan ketika bekerja di tempat tersebut Ferriss mulai membangun bisnis yang bernama BrainQUICKEN pada tahun 2001 . BrainQuicken merupakan perusahaan berbasis online yang menjual suplemen nutrisi. Ia meluncurkan produk berupa BodyQuick dan BrainQuicken. Produk ini dapat meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksinya hanya 60 menit saja. BodyQuick merupakan produk yang sukses besar, namun ia menjual perusahaan ini pada tahun 2010 karena suatu hal. BrandQuicken inilah yang menuntun Ferris untuk menulis buku pertamanya yang berjudul The 4-Hour Workweek.

Setelah berjuang menerbitkan buku pertamanya, akhirnya buku The 4-Hour Workweek terbit pada tahun 2007 oleh penerbit Random House. Sebelum rilisnya buku ini Ferriss bukanlah orang terkenal, dia memasarkan buku ini melalui blogger kenalannya. Buku ini terjual hingga 1,350 juta kopi dan bertengger selama kurang lebih 4 tahun di jajaran New York Times Bestsellser. Pada tahun 2009 The 4-Hour Workweek, Expanded and Upadated rilis oleh Random House. Buku ini memuat studi kasus penulis tentang orang yang telah menggunakan metode Ferriss.
Setelah itu Ferriss menulis bukunya yang kedua. Buku yang kedua di beri judul The 4-Hour Body terbit pada Desember 2010 oleh Crown. Buku ini memuat lebih dari 50 topik, termasuk didalamnya ada cara menghilangkan lemak dengan cepat, meningkatkan stamina, meningkatkan daya tahan dan tidur polifasik. Dibalik kisah penulisan buku ini Ferriss melakukan sebuah penelitian dan mewawancarai 200 orang ahli yang ia lakukan dalam waktu tiga tahun. The 4-Hour Body menjadi nomor satu di jajaran he New York Times Best Seller.

Setelah buku keuanya laku keras Ia menulis bukunya yang ketiga yang ia beri judul The 4-Hour Chef: The Simple Path to Cooking Like a Pro, Learning Anything, and Living the Good Life yang rilis pada November 2012 oleh Penerbit Amazon. Buku ini berisi topik kuliner dengan penjelasan metodenya yang ia sebut dengan “meta-learning”. Buku ini juga menjadi nomor satu di jajaran Wall Street Journal bestseller di awal minggu penerbitannya.

Tahun 2016 Ferriss merilis buku keempatnya yang berjudul Tools of Titans. Buku ini diliris oleh Houghton Mifflin Harcourt pada bulan Desember. Di bukunya yang keempat Ferriss menuliskan rahasia dari kesuksesan dari berbagai orang sukses yang ia kenal.