Tiga Gerbang Sebelum Bicara

Sebelum bicara, biarkan kata-katamu melewati tiga gerbang. Di gerbang pertama, tanyakan, “Apakah itu benar?” Di gerbang kedua, tanyakan, “Apakah perlu aku membicarakannya?” Di gerbang ketiga, tanyakan, “Apakah kata-kata itu baik?”

Media sosial sering dijadikan ajang untuk mengungkapkan pendapat dan isi hati. Sayangnya, terkadang penggunanya tak memakai filter untuk menyaring kata-katanya sendiri.

Tak jarang, unggahan itu justru menyakiti hati pembacanya. Kamu bisa update status dengan kata kata caption keren ini untuk mengingatkan diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu untuk menjaga perkataan dan unggahannya.

Sumber:

Kita tentu familier dengan peribahasa “mulutmu harimaumu”. Pada era internet saat ini bisa juga kita tambahkan, “jari-jarimu harimaumu” karena kita lumrah ‘berbicara’ lewat tulisan di berbagai media sosial. Kata-kata kita bisa jadi memberikan manfaat, menyampaikan ilmu pengetahuan, menyenangkan hati orang lain, namun bisa juga sebaliknya, menyakiti dan menyebar kebencian. Itu lah alasan mengapa kita perlu menanyai 3 pertanyaan itu.