Tidak banyak komunikasi diantara anggota tim dan diluar tim

Bagaimana cara mengatasi komunikasi yang tidak banyak diantara anggota tim dan diluar tim ?

1 Like

Komunikasi dalam anggota tim merupakan sesuatu yang penting. Komunikasi memungkinkan anggota tim dapat melihat suatu masalah dari berbagai sudut padang, sehingga anggota tim dapat lebih baik dalam menyelesaikan masalah dibandingkan dengan mengambil satu sudut pandang saja. Jika kita menjadi pemimpin dari suatu tim, kita perlu memperhatikan komunikasi antar anggota tim kita. Kita harus memastikan semua anggota tim mendapatkan komunikasi yang baik dengan anggota tim lainya, tanpa komunikasi tim akan berantakan
Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi tim.

  1. Menentukan siapa anggota tim
    Hal ini penting, namun banyak juga yang mengabaikan. Jika kita ingin komunikasi antara anggota tim baik, kita harus tahu dengan jelas tentang siapa saja yang berada didalam tim. Menurut peneliti dalam buku “Senior Leadership Teams” lebih dari 120 tim terbaiki dalam binis di seluruh dunia. Menemukan meskipun semua pemimpin tim merasa telah menetapakan ketentuan anggota tim yang jelas, namun ketika anggota tim diminta untuk membuat daftar nama dalam anggota tim, kurang dari 10 % yang mengetahui anggota timnya.

  2. Menetapkan peran dan tugas untuk setiap anggota
    Masalah yang terjadi biasanya setiap anggota tim tidak mengetahui peran apa yang dia miliki. Jadi menentukan peran masing-masing anggota tim itu perlu. Anggota tim harus mengetahui tugas-tugas mereka dan apa tanggu jawab mereka dalam tim tersebut. Semua anggota ditim juga harus tau tugas-tugas anggota lain dan tanggu jawabnya.

  3. Mengetahu tujuan dari tim
    Adanya tujuan yang jelas membuat dorongan anggota tim menjadi lebih kuat. Jika anggota tim terdorong dan yakin bahwa pekerjaan tim adalah penting, anggota akan lebih cenderung fokus pada tujuan akhir dan mengabaikan sikap-sikap rekan tim yang kurang berpengaruh pada tujuan.

  4. Buat kebijakan lebih terbuka dalam komunikasi
    Oragninasi yang lebih terbuka dalam komunikasi memunngkinkan anggota tim untuk berbicara bebas dengan pemimpin tim tanpa harus takut dimarahi, hal ini membuat antara anggota tim atau pemimpin tim lebih saling percaya.

  5. Sering jalan bersama anggota tim
    Anggota tim tidak selamanya harus melakukan pertemuan diruangan rapat. perlu adanya pertemuan untuk saling mengerti setiap anggota tim, misalnya saja dengan pergi ke kafe atau taman untuk sekedar berbincang-bincang. Bisa saja dengan perbincangan ringan anggota tim mendapatkan ide-de baru.

  6. Kenali anggota tim
    Setiap orang pasti belajar atau bekerja dengan cara yang berbeda-beda. Kenali anggota tim dengan mencari tau bagaimana cara mereka belajar dan bekerja. Berikan pekerjaan sesuai cara yang mereka sukai.

Menjaga komunikasi tim adalah tugas yang penting dari pemimpin tim ataupun anggota tim. Beberapa cara diatas memungkinkan kita untuk membuat komunikasi antara anggota tim lebih baik.

Sumber : Ways to Help Teams Communicate Better

2 Likes

bagaimana kalau teman sekelompok kita adalah seseorang yang lebih tua dari kita atau kakak tingkat kita jadi kita sulit untuk melakukan komunikasi karena mungkin merasa canggung untuk melakukan komunikasi, jadi bagaimana kita harus menyikapi hal tersebut ?

1 Like

Menurut saya untuk menyikapi komunikasi dengan seseorang yang lebih tua atau lebih muda dari kita, kita perlu menjaga kesopanan dalam berkomunikasi berusaha untuk menghormati lawan bicara meskipun dia lebih muda dari kita. Rasa canggung mungkin akan ada tidak terkecuali lawan bicara kita seumuran apa lagi jika lebih tua atau lebih muda. Sepeti yang telah dijelaskasn diatas pada poin 5, untuk mengurang rasa canggung pada anggota tim kita bisa melakukan kegiatan bersama-sama walau kegiatan itu sederhana, misalnya saja pergi ke kafe untuk sekedar makan, minum kopi atau mengobrol. Jika kita sering jalan bersama-sama anggota tim meski perbedaan umur atau bahkan pangkat kemungkinan akan lebih akrab.

1 Like

tapi untuk melakukan hal yang seperti ke kafe bersama atau melakukan sesuatu bersama itu dia selalu cangung atau malu dan tidak mau untuk di ajak keluar bersama, setiap kita mengajak untuk sekedar ke kafe dia pasti tidak datang, dan akhirnya kecangungngan dalam kelompok semakin besar dan komunikasi tetap sulit di lakukan

1 Like

Cara berkomunikasi dengan orang yang lebih tua itu biasanya dengan cara kita mengobrol lebih intens dimana kita harus tahu sifat dari orang yang lebih tua tersebut sehingga untuk kelanjutan mengobrol jadi lebih enak, biasanya orang yg lebih tua gengsi untuk mengobrol lebih dahulu, sehingga yg lebih muda harus memulai perbincangan terlebih dahulu.

1 Like

Untuk berdiskusi dengan teman atau orang yang lebih tua , lakukanlah dengan tulus dan dengan kesungguhan hati terdapat Tiga tips dari saya antara lain :

1.Pertama Jadilah diri sendiri , jujur dengan segala kemampuan yang anda miliki
2.Kedua , bertutur kata halus dan bersikap sopan , dengan bersikap baik orang lain dapat menilai perilaku kita , sehingga orang lain segan terhadap kita.
3.Ketiga , Ucapkan terima kasih atas saran dan kepercayaan teman kita terhadap anda selama berdiskusi . Terkadang kita lupa mengucapkan terima kasih , khususnya kepada orang yang telah memberi kita masukan, padahal setiap masukan adalah informasu yang perlu kita cermati .

Jika kondisi seperti ini terjadi pada akhirnya hasil yang didapatkan pun juga kurang maksimal. cara mengatasinya adalah memberikan pengertian serta pemahaman yang sama bahwa dengan adanya komunikasi yang lancar antar dua belah pihak dapat menghasilkan hasil yang maksimal. karena baik satu pihak dengan pihak lainnya pasti menginginkan hasil yang baik dan maksimal. karena mereka tidak akan berhubungan jika tidak berorientasi pada hasil.

Terimakasih, Wassallam. [Kelompok_6]

1 Like

Jika ada anggota tim yang malu berkomunikasi dengan anggota tim lain atau dia tidak suka untuk keluar bersama bisa saja orang tersebut memiliki sifat introvert (kepribadian yang tertutup) orang yang memiliki sifat ini biasanya kaku terhadapa lingkungan disekitarnya, memiliki sifat pemalu untuk memulai suatu percakapan, dan cenderung diam. Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini perlu penanganan yang khusus dari orang-orang yang memang bekerja dibidangnya misalnya psikolog, karena memang orang yang memliki sifat ini tidak mudah untuk ditangani. Namun jika kita memiliki teman bersifat introvert kita harus lebih sering mendekatinya bukan malah menjauhi atau mengucilkanya. Bisa jadi dengan pendekatan yang secara sering dia merasa diterima dilingkungannya dan bisa terbuka dengan anggota tim lainya.

gimana cara mendekatinya,sedangkan dia tidak mau berbaur atau tidak mau bersosialisasi dengan kita .?
dan kita juga yang mau mendekatinya menjadi canggung juga karna tidak respon dari sana.

Bisa mulai dari basa-basi sekedar bertanya apakabar atau sejenisnya , dan menjurus ke topik contohnya ( aku lg ada masalah di bagian ini nih , kamu tahu gak ?) Jangan sampai menyinggung masalah pribadi biasanya orang pendiam cenderung mudah tersinggung . Bisa diselipkan candaan atau semacamnya . lama kelamaan orang pendiam akan punya hasrat untuk mengajak berbicara lawan bicaranya kira-kira begitu pendapat ane mas Nicco

teman saya pernah mangalami hal tersebut, jadi dia tidak sengaja menyingung perasaan seseorang setalah itu mereka hampir merasakan cangung di setiap perkerjaan kelompok mereka, jika hal itu telah terjadi apakah yang sebaiknya di lakukan ??

Untuk orang yang merasa telah menyinggung seseorang dapat memulai terlebih dahulu untuk berbicara kepada orang yang telah tersinggung, menjelaskan bahwa kita tidak sengaja menyinggung perasaanya tunjukan kita benar-benar serius untuk meminta maaf. Jangan memperburuk keadaan dengan saling diam, namun biasanya laki-laki lebih malu untuk mengucapkan kata maaf dibandingan perempuan, bisa jadi untuk laki-laki mungkin caranya sedikit berbeda, misalnya dengan mengajak berbicara secara sopan dengan sedikit bercanda ringan dan menjelaskan tidak bermaksud membuatnya tersinggung. Namun bisa juga orang yang tersinggung akan merespon dengan cuek atau tidak peduli, untuk itu bagi orang yang telah menyinggung perasaan harus bisa menghadapi dengan sabar agat tidak terjadi perkelahian dan memperburuk keadaan. Jika disaat itu dia tetap cuek atau tidak peduli dapat dicoba untuk mendekatinya dihari berikutnya, tunjukkan kalau memang ada maksud baik untuk meminta maaf atau hanya sekedar berbicara. Kita juga harus belajar memahami orang lain agar kita tidak menyinggu perasaan orang itu, dengan menjaga perilaku dan perkataan kita. Mungkin dari teman-teman ada yang mempunyai pengalaman yang berbeda dapat memberikan tanggapan.

Kesimpulan dari diskusi mengenai tidak banyak komunikasi diantara anggota tim dan diluar tim dapat diselesaikan dari diri kita sendiri akan pentingnya untuk berusaha memamahi orang lain dalam tim kita, menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekitar kita dan ajaklah seseorang untuk berkomunikasi dengan pembicara-pembicaraan yang ringan agar hubungan lebih akrab.