The Afterlife Experiments: eksperimen kehidupan setelah mati

Gary Schwartz merupakan seorang profesor psikologi di University of Arizona, ia menulis sebuah buku pada tahun 2002 berjudul “The Afterlife Experiments” yang cukup fenomenal dikalangan peneliti pada waktu itu. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai eksperimen ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, dalam percobaan, dia menggunakan sebuah perantara tertentu dan pengasuh khusus (seseorang yang memiliki hubungan dekat dengan orang-orang yang sekarang sudah meninggal) untuk menyelidiki apakah ada kehidupan setelah kematian atau tidak. Perantara secara konsisten menemukan fakta dan nama spesifik tentang pengasuh yang meninggalkan teman dan kerabatnya. sehingga ini tidak akan bisa dibantah oleh orang skeptis.

Hasil penelitian pertama berkisar antara 77% sampai 95% akurat. Tingkat keberhasilan rata-rata adalah 83 persen. Keakuratan untuk pengasuh kedua sama dengan pengasuh pertama. Untuk menyingkirkan dugaan beruntung, dia membentuk kelompok normal berisi 68 siswa dari University of Arizona. Namun tingkat keakuratan kelompok tersebut hanya 36%. Serem ya…

Referensi: https://hype.idntimes.com