Tertarik dengan Bidang Politik? Jurusan Ini Bisa Kamu Pilih Lho!

Hai Youdics, kamu tertarik dengan bidang politik? Kamu suka mengikuti perkembangan politik? Kamu suka membahas topik politik? Jurusan di bawah ini bisa saja membantu kamu untuk menyalurkan itu lhoo.

  1. Ilmu Politik
    Prodi ini tentunya akan mengajarkan lebih banyak teori mengenai berbagai sistem politik di dunia beserta sejarahnya. Tidak hanya itu, kamu juga akan menganalisa dinamika politik saat ini, seperti demokrasi, birokrasi, sistem politik, hak asasi manusia, dan etika sosial politik.
  2. Hubungan Internasional
    Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari dinamika hubungan antar negara hingga menganalisa berbagai permasalahan di bidang-bidang, seperti politik, ekonomi, perdamaian, hingga sejarah dunia.
  3. Ilmu Hukum
    Jurusan ini akan banyak mengajarkan kamu tentang kebijakan, perundang-undangan, dan aturan lain yang masuk pada ranah hukum.
  4. Ilmu Pemerintahan
    Jurusan ini akan lebih berfokus pada manajemen atau pengelolaan organisasi publik, seperti lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi untuk menjalankan fungsi negara sesuai undang-undang.

Sumber : blog.ruangguru.com

Gimana nih teman-teman? Kalian tertarik sama yang mana? Jangan ragu dan jangan malu untuk berdiskusi sama aku ya. Kalau ada yang memiliki tambahan mengenai jurusan juga boleh banget lho. Terima kasih🙏.

1 Like

Terima Kasih atas artikelnya yang bermanfaat, betul keempat jurusan tersebut mempelajari politik apalagi ilpol dan ilpem disana akan lebih dalam, dan jika ada yang ingin belajar sekilas bisa masuk jurusan apapun yang berada di FISIP karena mereka akan menemukan matkul ilmu politik biasanya. Dan untuk jurusan hukum jika ingin belajar lebih dalam tentang politik saya sarankan untuk mengambil peminatan HTN saat semester 5 nanti.

2 Likes

Artikelnya Sangat bermanfaat kak!
Saya mau bertanya, saat ini kan saya masih kelas 12 SMA. Rencana saya mau ambil jurusan hubungan internasional saat kuliah nanti. Nah kalo menurut kakak, apakah agar bisa masuk HI bahasa inggrisnya harus bnr” lancar kak?

Waah keren artikelnyaa, pengetahuan soal jurusan yg berbau politik. Izin menambahkan yaa aku ada 1 lagi namanya administrasi publik jadi inituh jurusan yang berkaitan erat dengan kebijakan publik , pelayanan publik dan manajemen publik. Dimana menghasilkan lulusan yg biasa disebut administrator. Nah administrator ini nantinya yg bisa duduk di posisi wakil rakyat karena jobdesk nya membuat dan merumuskan regulasi/kebijakan.
Terimakasih :slight_smile:

2 Likes

Benar sekali artikelnya. Untuk saya pribadi bukan dari jurusan di atas tapi saya masih belajar politik karena bagian mahasiswi FISIPOL bagi mahasiswa/i FISIPOL pasti akan belajar dasar politik

2 Likes

Hallo, salam kenal ya kak!

Terima kasih sudah mau mendiskusikan ini bersama saya😁.

Itu sebenarnya gak wajib sampai jago banget sih kak. Yang penting kakak mengerti dasar2nya. Karena sejalan saat berkuliah, kakak pastinya akan bertemu dengan tugas2 yg kebanyakan itu menggunakan bahasa inggris. Jadi kakak pasti akan terbiasa nantinya.

1 Like

Hallo, salam kenal ya kak!

Terima kasih sudah mau mendiskusikan ini bersama saya😁.

Bener banget tuh kak. Terima kasih yaa sudah menambahkan🙏

1 Like

Menarik sekali kak, sangat membantu saya untuk
mengetahui jurusan-jurusan kuliah yg berhubungan dengan politik, ini juga membantu saya untuk menentukan jurusan kuliah yg akan saya pilih nantinya.

2 Likes

semua jurusan selain di atas pasti diselipkan secara ga langsung oleh pihak kampus berkaitan dengan perpolitikan. karena apa? ini penting untuk edukasi dasar. biasanya sih fakultas ilmu sosial ilmu politik yang juga mengandung matkul politik, seperti sosiologi, administrasi negara, ilmu perpustakaan, antropologi jika di kampus saya,

1 Like

Nama lain jurusan Adm. Publik itu Adm. Negara kan kak? Di kampus aku ada Adm. Bisnis dan Adm. Negara soalnya kak

Semangat, semoga impiannya tercapai ya! Kalau kamu suka dengan jurusan yang kamu pilih nanti pasti ngejalaninnya ga terlalu berat deh.