Terlihat Bersih, Barang-barang di Hotel Ini Ternyata Sarang Penyakit

image

Selain rumah, tempat bermalam yang nyaman dan bersih adalah penginapan seperti hotel, resort, villa dan lain sebagainya. Selain menyajikan fasilitas lengkap, banyak orang yang percaya jika bangunan serta perabotannya cukup higienis. Ternyata masih sedikit yang tahu tentang beberapa barang di dalamnya yang justru menjadi sarang penyakit. Apa saja barang-barang tersebut?

1. Kartu Pintu Hotel

image

Saat check in, sudah pasti tamu akan diberikan kartu kunci untuk membuka kamar hotel. Meski terlihat sepele, ternyata perlengkapan tersebut juga menjadi salah satu sarang penyakit. Bagaimana tidak, pemegang kunci kamar ini juga banyak. Bahkan, jarang sekali hotel yang rutin membersihkannya setiap hari. Nah, jika takut terkena bakteri dari kartu tersebut, ada baiknya untuk dibersihkan dulu dengan tissu yang mengandung anti bakteri.

image

2. Remote Televisi

image

Hal pertama yang dilakukan oleh tamu hotel saat masuk kamar adalah menyalakan televisi. Sebagian besar dari mereka menghabiskan waktu menekan tombol remote untuk memilih channel yang diinginkan. Remote yang sering dipakai ini ternyata juga menjadi biang penyakit. Seperti kartu pintu, lebih baik bersihkan terlebih dulu sebelum memakainya.

3. Remote Pendingin Ruangan

image

Remote pendingin ruangan ternyata juga sering kotor dan menjadi sarang kuman lho. Petugas kebersihan hotel memang sering melupakan item satu ini. Mereka hanya fokus dengan tempat-tempat yang terlihat saat pertama kali tamu datang. Dengan kelemahan tersebut, tentu saja kamu perlu antisipasi sendiri dengan membersihkan remote dengan tisu.

4. Gagang Telepon

image

Jangankan sebuah remote, ternyata petugas kebersihan juga sering melewatkan telepon untuk dibersihkan. Padahal, debu sering menempel di alat komunikasi ini. Belum lagi dengan sentuhan tamu sebelumnya yang belum tentu = higienis. Jadi, kalau ingin memakai telepon, dibersihkan terlebih dulu saja dan jangan lupa cuci tanganmu setelah menggunakannya.

5. Dudukan Toilet

image

Namanya toilet, pasti dipenuhi oleh banyak kuman, termasuk dudukannya. Setiap harinya, ada beberapa orang yang menggunakan toilet yang sama dan tentu saja tidak semuanya memperhatikan kebersihan. Untuk mencegah terinfeksi kuman, lebih baik menyemprot dudukan tersebut dengan cairan disinfektan yang biasanya kita gunakan di toilet umum. Nah, setelah itu lap dan bisa digunakan.

6. Selimut

image

Sarung bantal serta sprei merupakan salah satu barang yang selalu diganti oleh petugas hotel saat pengunjung pergi. Tapi lain halnya dengan selimut yang hanya dirapikan dan baru diganti ketika terlihat kotor. Padahal, barang satu ini bisa jadi sudah penuh dengan kuman karena berganti-ganti pemakai. Sayangnya, masih ada banyak hotel yang cuek dan tidak mengganti selimut. Ada baiknya, kamu membawa selimut sendiri saat bermalam di hotel. Selain aman juga nyaman karen milik pribadi.

Barang-barang hotel di atas memang tidak akan berimbas langsung kepada kesehatan. Namun, tidak ada salahnya kan mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Apalagi, tidak enak jika liburan dalam keadaan sakit.