Terdapat sebuah ruangan rahasia yang sangat misterius didalam piramida Giza

Akhir-akhir ini para arkeolog dan juga peneliti mengumumkan bahwa mereka menemukan sebuah ruang rahasia sebesar pesawat penumpang di dalam piramida Giza, salah satu piramida yang memiliki banyak rahasia yang hampir tak tersentuh selama kurang lebih 4.500 tahun. Ruang kosong tersebut berukuran sama dengan galeri agung, yang panjangnya minimal 30 meter. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Wah kok bisa ya para peneliti dan arkeolog menemukan ruangan tersebut? Sayang sekali piramida tersebut apabila dibongkar dan diubah keasliannya hanya untuk menemukan ruangan hampa tersebut

Berdasarkan yang pernah saya baca, para peniliti dan tim arkeolog yang dipimpin oleh Kunihiro Morishima dari Nagoya University ini menggunakan teknologi muon, partikel berenergi tinggi yang dihasilkan saat sinar kosmik bertabrakan dengan atmosfer, ketika menemukan dan memproyeksikan ruangan rahasia tersebut. Teknik ini juga digunakan untuk dapat memproyeksikan piramida agung tanpa memindahkan satu batu pun. Karena muon dapat menembus jauh ke dalam batu dan terserap pada tingkat berbeda tergantung pada kepadatan batu. Dengan menempatkan detektor muon di dalam dan sekitar piramida, tim arkeolog bisa melihat berapa banyak bahan yang dilewati partikel. Mungkin hal ini bisa menjawab pertanyaan mas @andhika :slight_smile:
Referensi: https://sains.kompas.com