Terbuat dari apakah makam nabi Muhammad saw?

Makam nabi Muhammad saw

Makam adalah kata lain dari kuburan, yaitu tempat disemayamkannya seseorang setelah ia wafat. Di antara peninggalan bersejarah di kawasan Melayu adalah peninggalan berupa makam.

Terbuat dari apakah makam nabi Muhammad saw?

Makam Nabi Muhammad berada di kompleks Masjid Nabawi, Saudi Arabia. Sebelum diperluas, di situ terdapat makam Nabi Muhammad yang dulu dinamakan Masqurah. Setelah masjid ini diperluas, makam Nabi Muhammad masuk di dalam bangunan masjid dengan kubah berwarna hijau. Di situ, terdapat empat pintu yang masing-masing dinamakan Pintu at-Taubah di kiblatnya, Pintu ar-Raudhah di barat, Pintu Fathimah di timur, dan Pintu Tahajud di utara. Selain itu, di sini ada pula makam Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

“Ruang itu sebagian besar tertutup kain tenunan yang terbuat dari sutra murni, berwarna hijau lembut dengan kain katun yang kuat, dan dimahkotai oleh sabuk yang mirip dengan penutup Ka’bah, tetapi ini berwarna merah. Seperempat bagian dari kain dibordir bertuliskan ayat Al-Qur’an yang mulia dari suroh al-Fath, terbuat dari garis kapas dan benang emas dan perak…”