Teori warna untuk Melukis : Menguji Warna Catnya Opaque Atau Transparent

alam karya seni bersifat visual, teori warna merupakan panduan praktis yang utama dalam mencampur warna dan juga merupakan efek visual dari kombinasi warna tertentu. Pada teori warna untuk melukis terdapat Menguji Warna Catnya Opaque Atau Transparent . Bagaimana Menguji Warna Catnya Opaque Atau Transparent ?

Menguji Warna Catnya Opaque Atau Transparent

Pigmen yang berbeda akan memiliki sifat penutup yang berbeda pula. Beberapa terlihat transparent, nyaris tak terlihat meski berada di atas warna lain. Sedang yang lain akan terlibat opaque dan menutupi warna yang ada d bawahnya. Dengan mempertimbangkan hal ini, bukan melulu hanya warna, bisa meningkatkan subjeknya. Misalnya, menggunakan biru transparent sebagai warna langit akan membuat terasa lebih indah ketimbang memakai biru opaque misalnya.

Bagaimana mengetahui warna apa yang transparan dan mana yang opaque? Cara yang paling mudah adalah menyusun sebuah skema warna yang biasa kita pakai, sebagaimana yang terlihat di gambar di atas, dan akan terlihat mana yang transparent mana yang tidak.