Teori warna untuk Melukis : Hindari Pemakaian Hitam Untuk Membuat Bayangan

alam karya seni bersifat visual, teori warna merupakan panduan praktis yang utama dalam mencampur warna dan juga merupakan efek visual dari kombinasi warna tertentu. Pada teori warna untuk melukis terdapat teori Hindari Pemakaian Hitam Untuk Membuat Bayangan. Mengapa harus Hindari Pemakaian Hitam Untuk Membuat Bayangan ?

Hindari Pemakaian Hitam Untuk Membuat Bayangan

Yang harus diingat, warna bayangan bukan sekedar hitam atau versi lebih gelap dari warna objeknya. Ia mengandung warna koplementer dari objeknya. Sebagai contoh, jika kita ingin menggambar bayangan dari objek yang berwarna kuning, maka jangan mencampur hitam dan kuning sebagai warna bayangan, karena justru akan menghasilkan warna hijau olive yang jelek. Sebaiknya gunakan warna komplementer dari kuning, yaitu ungu tua, sehingga hasilnya akan lebih cerah.

Jika bingung untuk menentukan warna apa yang digunakan sebagai bayangan, coba sederhanakan apa yang kita lihat dengan meletakkan tangan atau kertas putih di dekat objek dimana kita menemukan kesulitan pewarnaan, dan lihat kembali.