© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Teori apa saja yang membahas mengenai pertumbuhan ekonomi?

Pertumbuhan ekonomi

Beberapa teori dikemukakan untuk menerangkan hubungan diantara berbagai faktor produksi dengan pertumbuhan ekonomi. Teori apa saja yang membahas mengenai pertumbuhan ekonomi?

Berikut ini teori-teori pertumbuhan ekonomi.

  1. Teori Klasik, yaitu teori yang menekankan tentang pentingnya faktor-faktor produksi dalam menaikkan pendapatan nasional dan mewujudkan pertumbuhan. Akan tetapi, yang terutama diperhatikan ahli ekonomi klasik adalah peran tenaga kerja. Menurut mereka, tenaga kerja yang berlebihan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

  2. Teori Schumpeter, yaitu teori yang menekankan tentang peran usahawan yang akan melaukan inovasi dan investasi untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi.

  3. Teori Harrord-Domar, yaitu teori yang menunjukkan peranan investasi sebagai faktor yang menimbulkan pertambahan pengeluaran agregat. Teori ini pada dasarnya menekankan peranan segi permintaan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi.

  4. Teori Neoklasik, yaitu teori yang menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dan peningkatan kemahiran masyarakat merupakan faktor yang terpenting yang mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi.

Referensi:
Noviani, Leny. 2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.