Tentang Menghargai Perempuan, Bagaimana Cara yang Tepat?

IMG_8601

Untuk menghargai perempuan ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Mungkin disetiap harinya kita sudah melakukan untuk menghargai perempuan dengan cara yang kita sendiri tidak bisa sadari. Atau bisa jadi selama ini kita belum atau kurang mengharagi perempuan.

Menghargai perempuan tidak hanya berlaku untuk laki-laki ke perempuan saja, tetapi juga berlaku untuk sesama perempuan. Banyak sekali cerita yang mungkin sering kita dengar dengan mencetuskan kalimat seperti “ya habisnya dia ga bisa menghargai aku” atau “kayanya perempuan tidak layak dan tidak bisa dihargai disini”. Keberadaan perempuan sering kali tidak dihargai, baik itu dengan memandang sebelah mata atau bersikap menyamaratakan. Namun, perlu diketahui bahwa setiap perempuan juga memiliki ciri khasnya masing-masing serta nilai dan kemampuan yang setara dengan laki-laki.

Jadi bagaimana cara menghargai perempuan yang kamu harapan youdics? Yuk coba share! :sparkles:

1 Like

Jika berbicara mengenai menghargai perempuan, perlu diingat diskriminasi berdasarkan gender masih terjadi pada seluruh aspek kehidupan, di seluruh dunia. Ini adalah fakta meskipun ada kemajuan yang cukup pesat dalam kesetaraan gender dewasa ini. Sifat dan tingkat diskriminasi sangat bervariasi di berbagai negara atau wilayah. Seperti halnya diskriminasi terhadap perempuan. Patriarki masi menjadi budaya yang kental di negara ini, otoritas mengenai pria lebih tinggi dibanding wanita sulit untuk di lepas.

Maka dari itu, saya sebagai salah satu perempuan yang ingin dihargai dan dapat diakui memiliki kemampuan yang setara dengan laki-laki. Berharap nantinya tidak ada lagi batasan mengenai pendidikan seorang wanita, tidak masalah bagi wanita yang ingin melanjutkan pendidikan setinggi mungkin atau sebanyak apapun gelar yang ia dapat nantinya. Sebab hingga saat ini statement mengenai “wanita tidak perlu berpendidikan terlalu tinggi, ujungnya juga di dapur” masih melekat di pikiran masyarakat. Padahal untuk menuntut ilmu setinggi apapun merupakan hak setiap orang, termasuk perempuan. Dan hal ini harusnya dapat dihargai sebagai keputusan hidup yang diambil oleh seorang perempuan. Bahkan seharusnya kita sebagai orang terdekatnya mendukung penuh keputusan yang diambil, mana tau hal tersebut dapat membuat perubahan besar untuk dunia pendidikan, dan dapat mencerdaskan generasi selanjutnya.

2 Likes

Bener sih ini, kita sebagai perempuan juga ingin tidak hanya dilihat dari penampilannya saja, tapi juga ingin dilihat dari skill, kemampuan atau prestasi yang kita miliki. Dan untuk menunut ilmu setinggi apapun itu memang perlu dan nantinya akan berguna untuk masa depan. Terimakasih untuk tanggapannya @muthiagustina :relaxed: