Tempat wisata penuh magis ada di Tana Toraja?

toraja

Tana Toraja adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawei Selatan. Penduduk yang mendiamii Tana Toraja adalah suku Toraja yang masih tradisional yang menganut gaya hidup Austronesia. Masyarakat Tana Toraja sangat menghormati para leluhurnya, disini kalian akan melihat beragam upacara-upacara adat yang dipersembahkan untuk para leluhur yang sudah meninggal. Pada tahun 2004, berkat kekayaan budaya yang dimiliki Tana Toraja, tempat wisata ini masuk ke dalam daftar warisan budaya oleh UNESCO, apa sajakah itu?

Wisata di Tana Toraja:

  1. Londa
    Londa ini merupakan bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja. Bebatuan curam yang sangat indah ini terletak sekitar 5 kilometer ke arah selatan dari Rontepao.

  2. Lemo
    Kita bisa melihat mayat yang disimpan di ruang terbuka, di tengah bebatuan yang curam. Satu lubang kuburan digunakan untuk satu keluarga. Pada waktu tertentu pakaian dari mayat-mayat tersebut diganti melalui upacara yang disebut Ma Nene. Semakin tinggi kuburan dibuat menandakan status orang tersebut sangatlah tinggi di dalam masyarakat. Di beberapa kuburan akan ditemukan tau-tau, yakni patung pahat berbentuk manusia. Kompleks pemakaman ini memadukan antara seni, ritual dan kematian.

  3. Batu Tumonga
    Di kawasan ini anak backpacker akan menemukan 56 buah batu menhir berukuran 2-3 meter yang diletakan secara melingkar dengan 4 pohon yang diletakan di bagian tengah lingkaran.

  4. Toraja Fiesta
    Acara ini merupakan ungkapan kegembiraan suku Tana Toraja. Acara ini menampilkan serangkaian tanah dan atraksi dari 15 kecamatan di Tana Toraja.

Sumber: