Tempat wisata di Klaten yang wajib untuk dikunjungi ?


(annisa icha) #1

image

Klaten merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Klaten.


( Carellia An-nisa Monik ) #2

1. Kawasan Sungai Getuk
image

Tak hanya Jawa Barat yang punya Grand Canyon, di Klaten pun ada. Lokasinya berada di kawasan Sungai Getuk Jatinom. Air yang membelah Desa Socokangsi ini dikelilingi tebing-tebing dengan tinggi 5 meter. Permukaan dinding alam tersebut dipenuhi pahatan dan tumbuhan lumut yang menghijau. Di antaranya mengalir arus tenang sepanjang 29.850 kilometer persegi.

2. Air Terjun Luweng Sampang
image

Lagi, di Klaten terdapat tempat rekreasi mirip Grand Canyon. Namanya air terjun Luweng Sampang. Terletak di Desa Jogoprayan, Kecamatan Gantiwarno, kawasan ini menawarkan panorama curug di antara tebing bebatuan. Tingginya sekitar lima meter dengan debit yang jernih.

3. Deles Indah Klaten
image

Berada di kaki Gunung Merapi, Deles Indah Klaten menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Kawasan ini terletak di ketinggian 800-1.300 meter di atas permukaan laut. Lokasinya sekitar 25 km dari Klaten sehingga bisa ditempuh selama kurang lebih 45 menit dengan berkendara. Rutenya diawali dari Klaten menuju ke arah Gondang, lalu melewati Kemalang, dan terakhir Deles Indah.

4. Candi Sewu
image

Berada di sebelah utara Candi Prambanan, bangunan ini menjadi peninggalan agama Buddha terbesar kedua di Indonesia. Pembuatannya dimulai pada abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran. Kemudian, Rakai Pikatan memugar bentuknya sebagai hadiah untuk Pramodawardhani. Hal ini membuktikan bahwa keharmonisan masyarakat Indonesia sudah tertanam sejak dahulu kala. Tak peduli apa pun latar belakang agamanya.

5. Candi Lumbung
image

Candi Lumbung berada di kompleks Prambanan. Bangunan ini adalah peninggalan agama Buddha. Terdapat 1 candi utama dan 16 perwara di halaman yang penuh dengan batu andesit. Sayangnya, bagian utamanya tinggal puing-puing. Bentuknya berupa poligon. Semua dinding candi dihiasi relief bergambar manusia.

Referensi : https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/klaten-106797