Tempat Wisata dengan Monyet yang Hidup Bebas

Di Indonesia ada banyak tempat wisata monyet. Kamu bisa melihatnya berkeliaran bebas. Fauna yang masuk dalam golongan primata tersebut sengaja dibiarkan hidup bebas di habitat aslinya. Selain untuk menjaga keseimbangan lingkungan, monyet-monyet itu juga menjadi daya tarik.

Beberapa tempat wisata dengan monyet yang hidup liar dan bebas :

1. Pemandian Wendit, Malang

Wendit adalah tempat rekreasi yang legendaris di Malang. Dari dulu hingga sekarang masih tetap ada monyet yang berkeliaran bebas, meski jumlahnya semakin berkurang. Pengunjung bisa membeli kacang atau buah-buahan yang dijual di dalam area pemandian lalu memberikannya pada monyet-monyet. Ada wahana seluncuran air dan kolam yang luas, lengkap dengan fasilitas lainnya.

2. Desa Sangeh, Bali

Tempat wisata ini lebih dikenal dengan nama Monkey Forest atau Hutan Monyet. Letaknya berada di kabupaten Badung, Bali bagian tengah. Pepohonan besar menawarkan kesejukan alami. Kemudian masih ada juga monyet-monyet dalam jumlah besar. Jika kamu tidak membuat mereka merasa terancam, monyet-monyet tersebut tidak akan mengganggu.

Pantai Papuma

Pantai Papuma termasuk salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Jember. Dari puncak bukitnya, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan. Di sini terdapat banyak sekali monyet. Terkadang mereka keluar dan berkeliaran di tepi jalan. Jadi harus berhati-hati saat berkendara. Jangan sampai menabrak monyet yang ada.

Goa Kreo Semarang

Semarang memiliki banyak wisata alam, meski lokasinya berada di pesisir. Bahkan ada yang letaknya dekat pusat kota dengan monyet-monyet yang jadi tuan rumah. Namanya adalah Gua Kreo, dan penghuni yang ada di sini kabarnya lebih jinak dan ramah. Meski begitu jangan sembarangan. Apalagi menatap langsung pada matanya. Karena tindakan seperti itu bisa dianggap sebagai ancaman oleh para monyet.

Mandala Wisata Wenara Wana

Bagi orang asli Bali pasti tahu tempat wisata yang dihuni kurang lebih 340 ekor monyet ekor panjang satu ini. Tempat wisata ini adalah Hutan Monyet Ubud atau lebih dikenal dengan nama Sacred Monkey Forest Sanctuary. Terletak di Ubud, Bali, Hutan Monyet ini sebenarnya merupakan cagar alam yang memiliki pemandangan cantik dan udara sejuk.

Selain dapat menikmati lucunya monyet-monyet liar di sini, ternyata di dalam Hutan Monyet juga terdapat sebuah pura sakral. Bagi kamu yang hendak berkunjung ke tempat wisata ini, hati-hati dalam membawa barang. Pasalnya, monyet di sini masih liar meski tak lagi kaget dengan kehadiran manusia. Karena itu pula, lebih baik masukkan aksesoris seperti dompet, kacamata hingga handphone ke dalam tas.

Hutan Solear, Tangerang

Di daerah Jawa ada satu wisata satwa yang tak jauh dari pusat ibu kota. Tempat wisata satwa ini terletak di kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Kawasan satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang digunakan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan monyet. Ialah Hutan Solear yang sudah cukup terkenal bagi orang di sekitar kawasan tersebut.

Di Hutan Solear, kamu bisa bercengkerama dengan monyet-monyet ini. Kamu bisa membagi makanan sambil menikmati kesejukan hutan yang diketahui seluar 4,5 hektar. Jika kamu berniat untuk memberi makanan kepada monyet, tak perlu khawatir untuk membeli makanan di pasar. Pasalnya, di sekitar hutan ini sudah banyak penjaja makanan yang khusus untuk monyet.